Monday 18 September 2017

MATERI II PGMI A DAN B (3) IAIN PONOROGO

Kurikulum 2013
Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Ruang Lingkup Materi SD/MI
A.    Organisasi Kompetensi
Organisasi Kompetensi Mata pelajaran adalah unit organisasi Kompetensi Dasar yang terkecil. Untuk kurikulum SD/MI, organisasi Kompetensi Dasar dilakukan melalui pendekatan terintegrasi. Berdasarkan pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran yang mengintegrasikan konten mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas I, II, dan III ke dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Dengan pendekatan ini maka Struktur Kurikulum SD/MI menjadi lebih sederhana karena jumlah mata pelajaran berkurang. Di kelas IV, V, dan VI nama mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial tercantum dalam Struktur Kurikulum dan memiliki Kompetensi Dasar masing–masing. Untuk proses pembelajaran, Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial, sebagaimana Kompetensi Dasar mata pelajaran lain, diintegrasikan ke dalam berbagai tema. Oleh karena itu, proses pembelajaran semua Kompetensi Dasar dari semua mata pelajaran terintegrasi dalam berbagai tema.
Substansi muatan lokal termasuk bahasa daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Sedangkan substansi muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.


B.     Tujuan Satuan Pendidikan
Penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah sebagaimana yang dinyatakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan bertujuan membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang:
a.       beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan berkepribadian luhur;
b.      berilmu, cakap, kritis, kreatif, dan inovatif;
c.       sehat, mandiri, dan percaya diri; dan d. toleran, peka sosial, demokratis, dan bertanggung jawab.

C.    Struktur Kurikulum dan Beban Belajar
Struktur Kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, distribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap peserta didik. Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran. Pengorganisasian konten dalam sistem belajar yang digunakan untuk kurikulum yang akan datang adalah sistem semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.
 Struktur kurikulum adalah juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai posisi belajar seorang peserta didik yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menentukan berbagai pilihan. Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata pelajaran, dan beban belajar.
D.    Struktur Kurikulum SD/MI
Struktur Kurikulum SD/MI adalah sebagai berikut:
Mata Pelajaran
Kelas dan Alokasi Waktu
1
II
III
IV, V, dan VI
Kelompok A




1
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
4
4
4
4
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
5
5
6
4
3
 Bahasa Indonesia
8
9
10
7
4
 Matematika
5
6
6
6
5
 Ilmu Pengetahuan Alam
-
-
-
3
6
 Ilmu Pengetahuan Sosial
-
-
-
3
Kelompok B




1
 Seni Budaya dan Prakarya
4
4
4
5
2
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
4
4
4
4
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
30
32
34
36



= Pembelajaran Tematik Integratif

Keterangan: Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya dapat memuat Bahasa Daerah. Selain kegiatan intrakurikuler seperti yang tercantum di dalam struktur kurikulum diatas, terdapat pula kegiatan ekstrakurikuler SD/MI antara lain Pramuka (Wajib), Usaha Kesehatan Sekolah, dan Palang Merah Remaja.
 Mata pelajaran Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat.
Mata pelajaran Kelompok B yang terdiri atas mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah. Satuan pendidikan dapat menambah jam pelajaran per minggu sesuai dengan kebutuhan peserta didik pada satuan pendidikan tersebut

E.     Beban Belajar
Beban belajar dinyatakan dalam jam belajar setiap minggu untuk masa belajar selama satu semester. Beban belajar di SD/MI kelas I, II, dan III masing-masing 30, 32, 34 sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI masing-masing 36 jam setiap minggu. Jam belajar SD/MI adalah 35 menit.
Dengan adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian informasi karena peserta didik perlu latihan untuk mengamati, menanya, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan menghendaki kesabaran guru dalam mendidik peserta didik sehingga mereka menjadi tahu, mampu dan mau belajar dan menerapkan apa yang sudah mereka pelajari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya. Selain itu bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
A.    Kompetensi Inti
Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi Standar Kompetensi Lulusan dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki oleh peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.
Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills. Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari peserta didik. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.
 Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (Kompetensi Inti 1), sikap sosial (Kompetensi Inti 2), pengetahuan (Kompetensi Inti 3), dan penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (Kompetensi Inti 3) dan penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 4).
Kompetensi Inti SD adalah sebagai berikut:
KOMPETENSI INTI KELAS I
KOMPETENSI INTI KELAS II
KOMPETENSI INTI KELAS III
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI INTI KELAS IV
KOMPETENSI INTI KELAS V
KOMPETENSI INTI KELAS I
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain


B. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresifisme atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar SD/MI untuk setiap mata pelajaran mencakup mata pelajaran: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang merupakan satu kesatuan ide masing-masing mata pelajaran dimuat dalam tabel-tabel berikut ini:
1. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti
 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
KELAS: I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1.   Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. AlFatihah
1.2.   Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. 
1.3.   Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4.   Terbiasa bersuci sebelum beribadah
1.5.   Terbiasa membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah SAW
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31): 14
2.3  Memiliki perilaku hormat kepada sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.4  Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.5  Memiliki sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas
2.6  Memiliki sikap yang baik ketika berbicara sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. AlBaqarah (2): 83
2.7  Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‟Alaq (96): 1-5
2.8  Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1    Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ‟Alaq (96): 1-5
3.2    Mengenal keesaan Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.3    Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
3.4    3.4 Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama
3.5    Mengenal makna do‟a sebelum dan sesudah belajar
3.6    Mengenal tata cara bersuci
3.7    Mengenal shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
3.8     Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
3.9    Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
3.10Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
3.11 Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s
3.12Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
4.2  Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, ArRahim, Al-Malik
4.3  Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
4.4   Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.5  Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
4.6  Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.7  Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.8  Mencontohkan perilaku saling menghormati antar sesama anggota keluarga
4.9  Mempraktikkan tata cara bersuci
4.10                      Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
4.11                       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
4.12                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
4.13                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
4.14                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s
4.15                       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW


KELAS: II
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1  Terbiasa berwudhu sebelum shalat
1.2  Menunaikan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
1.3  Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah makan 1.4 Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.3  Memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
2.4  Memiliki sikap kerja sama dan tolongmenolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.5  Memiliki sikap berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl ayat 43
2.6  Memiliki sikap berlindung diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nas
2.7  Memiliki perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‟Ashr
2.8  Memiliki perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1  Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.2  Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
3.3  Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
3.4  Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat
3.5  Mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-Ashr
3.6  Mengenal tata cara shalat dan bacaannya
3.7  Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu
3.8  Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan
3.9  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
3.10                      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
3.11                      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
3.12                      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya„qub a.s.
3.13                      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
4.2  Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al „Ashr dengan benar dan jelas
4.3  Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al „Ashr dengan benar dan jelas
4.4  Mencontohkan perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
4.5   Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.6  Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan 4.7 Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
4.7  Memperaktikkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4.8  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
4.9  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
4.10                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
4.11                       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya‟qub a.s.
4.12                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

KELAS: III
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1  Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 3
1.2  Terbiasa berzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. AlKautsar
1.3  Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya
2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa ayat 135
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 23
2.3  Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar.
2.4  Memiliki sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
2.5  Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat. 2.6 Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.6   Memiliki sikap rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
2.7  Memiliki sikap kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An„am ayat 132
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpain
3.1  Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
3.2  Mengetahui makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-„Alim, As-Sami„
3.3  Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
3.4  Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
3.5  Mengerti makna zikir dan doa setelah shalat
3.6  Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah
3.7  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s. 3.8 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu„aib a.s.
3.8  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua)
3.9  Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan nabi
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar
4.2  Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar
4.3  Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan AlKautsar dengan lancar
4.4   Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
4.5  Mencontohkan perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. AlKautsar.
4.6  Mencontohkan sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
4.7  Mempraktikkan tata cara shalat, zikir, dan doa setelah shalat secara benar
4.8  Menceritakan pelaksanaan ibadah shalat di sekitar rumah dan sekolah
4.9  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
4.10                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu‟aib a.s.
4.11                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
4.12                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1  Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadats kecil dan hadats besar
1.2  Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT. 1.3 Menerapkan kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.3  Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.4  Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
1.5  Meyakini adanya Rasul-Rasul Allah SWT
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S At-Taubah (9): 119
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Lukman (31): 14
2.3  Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hadiid (57): 9
2.4  Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
2.5  Memiliki sikap gemar membaca sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-„Alaq (96): 1-5
2.6  Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
2.7  Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
2.8  Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 37
2.9  Memiliki perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 27
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1    Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
3.2    Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
3.3    Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al- „Adil, Al-„Azhim
3.4    Memahami tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam
3.5    Memahami makna bacaan sholat
3.6    Mengetahui kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
3.7    Mengetahui kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
3.8    Mengetahui kisah keteladan Nabi Harun a.s.
3.9    Mengetahui kisah keteladan Nabi Musa a.s.
3.10Mengetahui kisah keteladan pahlawan dan waliwali Allah
3.11Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW
4. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.1    Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma„un dan Al-Fil dengan tartil
4.2    Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, AlMa„un dan Al-Fil dengan benar
4.3    Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma„un dan Al-Fil dengan lancar.
4.4    Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
4.5    Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
4.6    Mencontohkan perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
4.7    Memperaktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam
4.8    Menceritakan pengalaman melaksanakan shalat di rumah, atau di masjid lingkungan sekitar rumah.
4.9    Menceritakan kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
4.10                      Menceritakan kisah keteladan Nabi Dzulkifli a.s.
4.11                       Menceritakan kisah keteladan Nabi Harun a.s.
4.12                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
4.13                      Menceritakan kisah keteladanan pahlawan muslim dan wali-wali Allah



KELAS: V
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1  Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2  Menyakini Al-Quran sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.3  Menunaikan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4  Menunaikan shalat tarawih dan tadarus AlQuran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.Al-Ahzab (33): 23
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah ayat 83
2.3  Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma‟un
2.4  Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-„Ashr
2.5  Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
2.6  Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
2.7  Memiliki sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
2.8  Memiliki sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
2.9  Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1  Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi
3.2  Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
3.3  Mengetahui makna Q.S. Al-Ma‟un dan Q.S. AtTin dengan benar
3.4  Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, AlHayy, Al-Qayum, Al-Ahad
3.5   Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
3.6  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
3.7  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.8  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
3.9  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa‟ a.s.
3.10                      Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
4. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.1  Membaca Q.S. Al-Ma‟un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.2  Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Ma‟un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.3   Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Ma‟un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.4  Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
4.5  Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma‟un
4.6  Mencontohkan sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. AzZumar ayat 18
4.7  Mencontohkan sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
4.8  Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. AlBayyinah ayat 5
4.9  Mencontohkan sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
4.10                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
4.11                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
4.12                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
4.13                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa‟ a.s.
4.14                      Menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran

KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1  Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2  Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman
1.3  Menyakini adanya Qadha dan Qadar
1.4  Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.5  Terbiasa berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2
1.6  Terbiasa bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ahzab (33): 70
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.3  Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. AlMaidah (5):2
2.4  Memiliki sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. AlHujurat (49): 12
2.5  Memiliki perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49):13
2.6  Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir
2.7  Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar
2.8  Memiliki sikap berserah diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. AlAn‟am (6):162-163
2.9  Memiliki sikap fathanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1  Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan AlMaidah (5): 2 dengan benar
3.2  Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
3.3  Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.4  Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.5  Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam
3.6  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
3.7  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
3.8   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
3.9  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
3.10                       Mengetahui kisah Nabi Muhammad SAW
3.11                        Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
3.12                       Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
4. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.1  Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan jelas dan benar
4.2  Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
4.3  Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan AlMaidah (5): 2 dengan benar
4.4  Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2
4.5  Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman
4.6  Mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al Hujurat (49): 12
4.7  Mencontohkan perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 13
4.8  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
4.9  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dzakariya a.s.
4.10                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
4.11                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa
4.12                      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.13                      Menceritakan kisah keteladanan sahabatsahabat Nabi Muhammad SAW
4.14                      Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur‟an


Kompetensi Inti untuk Tingkat Pendidikan Dasar disajikan dalam tabel berikut.

*Tingkat Pendidikan Dasar
(Tingkat Kelas I-VI SD/MI/SDLB/PAKET A)
KOMPETENSI INTI

DESKRIPSI KOMPETENSI

Sikap Spritual

1.   Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Sikap Sosial

2.   Menunjukkan perilaku:
a. jujur,
b. disiplin,
c. santun,
d. percaya diri,
e. peduli, dan
f. bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
Pengetahuan


3.   Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara :
a. mengamati,
b. menanya, dan
c. mencoba

Berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
Keterampilan


4.      Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak:
a. kreatif
b. produktif,
c. kritis,
d. mandiri,
e. kolaboratif, dan
f. komunikatif

Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

TINGKAT KOMPETENSI DAN RUANG LINGKUP MATERI

A.    Tingkat Kompetensi dan Ruang Lingkup Materi pada SD/MI/SDLB/ PAKET A

Tingkat Kompetensi dan ruang lingkup materi diterapkan untuk setiap muatan sebagaimana diatur dalam Pasal 77I ayat (1), Pasal 77C ayat (1), dan Pasal 77K ayat (2), ayat (4) dan ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan sebagai berikut.

B.     Muatan Pendidikan Agama
Muatan Pendidikan Agama Islam pada SD/MI/SDLB/PAKET A.

Tingkat Kompetensi

Kompetensi

Ruang Lingkup
Materi
Tingkat Pendidikan
Dasar (Kelas I-VI)
v  Meyakini adanya Allah SWT dan mensyukuri karunia dan pemberian Allah SWT.
v  sikap sesuai dengan akhlakul karimah (akhlak mulia) dan budi pekerti serta perilaku hidup sehat.
v  Mengetahui keesaan Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
v  Mengenal pesan-pesan yang terkandung dalam surah pendek Alquran, rukun Islam yang pertama dan doa sehari-hari.
v  Mengenal dan mempraktikkan tata cara bersuci, shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan sesuai dengan ketentuan agama Islam.
v  Mengenal dan menceritakan kisah keteladanan nabi.
v  Mengenal hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu serta perilaku hidup bersih dan sehat.
v  Memahami dan mencontoh perilaku yang sesuai dengan akhlakul karimah (akhlak mulia) dan budi pekerti.
v  Mengetahui dan melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan hafalan surah dan ayat pilihan dalam Alquran, dan Asmaul Husna.
v  Melafalkan dan mempraktikkan dua kalimat syahadat serta doa sehari-hari dengan benar dan jelas.
v  Meyakini dan mengetahui adanya Allah SWT, malaikat-malaikat, dan Rasul-Rasul Allah SWT.
v  Menunaikan ibadah shalat secara tertib serta zikir dan doa setelah selesai shalat.
v  Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dan berperilaku.
v  Memiliki dan memahami sikap sesuai dengan akhlakul karimah yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
v  Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
v  Mengetahui hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab.
v  Mengetahui hikmah ibadah shalat, zikir dan doa setelah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah.
v  Mengetahui dan menceritakan kisah keteladanan nabi dan wali songo.
v  Membaca dan mengetahui makna Asmaul Husna dan hafalan surat dan ayat pilihan dengan benar.
v  Mencontohkan perilaku sesuai dengan akhlakul karimah.
v  Mempraktikkan tata cara shalat, zikir dan doa setelah shalat secara benar dan tata cara bersuci sesuai ketentuan syariat Islam dan menceritakan pengalaman pelaksanaan ibadah shalat di rumah, masjid dan sekolah.
v  Meyakini Alquran sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup.
v  Memahami dan mengetahui makna Rukun Iman.
v  Menunaikan ibadah wajib dan sunnah di bulan Ramadhan, dan berzakat, infak, dan sedekah.
v  Memiliki dan mencontohkan sikap sesuai dengan akhlakul karimah yang mencerminkan rukun iman.
v  Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi
v  Mengetahui makna Asmaul Husna, surat, dan ayat pilihan dengan benar serta menuliskannya dengan baik dan benar.
v  Memahami hikmah ibadah wajib dan sunnah di bulan Ramadhan, beriman kepada Hari Akhir, zakat, infak, dan sedekah, beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentukperilaku akhlak mulia.
v  Mengetahui dan menceritakan kisah keteladanan nabi, Keluarga Luqman, sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW, Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Alquran.
v  Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari- hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman.




v  Alquran
Ø  Huruf-huruf hijaiyyah bersambung ataupun tidak, dengan harakatnya secara lengkap sesuai dengan makharijul huruf.
Ø  Surah-surah pendek pilihan di dalam Alquran Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas.
Ø  Pesan dan makna yang terkandung di dalam Alquran surat-surat pendek Q.S. Al- Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas.
v  Aqidah
Ø  Asmaul Husna.
Ø  Kalimat syahadat.
Ø   Keesaan Allah SWT Akhlak dan Budi Pekerti.
Ø  Doa belajar dan makan.
Ø  Perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
Ø  Perilaku saling menghormati antar sesama anggota keluarga.
Ø  Perilaku jujur.
Ø  Perilaku disiplin.
Ø  Perilaku bertanggung jawab.
Ø  Perilaku percaya diri
Ø   Perilaku kasih sayang kepada sesame.
Ø  Sikap kerja sama dan saling tolong menolong.
Ø  Perilaku menuntut ilmu.
Ø  Perilaku hidup  bersih dan sehat
v  Fiqih
Ø  Tata cara bersuci.
Ø  Tata cara shalat dan bacaannya.
Ø  Tata cara Wudhu dan doanya.
Ø  Kegiatan agama yang dianutnya.

v  Sejarah Peradaban Islam.

Ø  Kisah keteladanan para nabi dan rasul.
Ø  Kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

v  Alquran
Ø  -Bacaan Alquran surat dan ayat pilihan (Q.S. An-Nashr, Al- Kautsar, Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil).
Ø  Kalimat dalam Alquran surah pendek pilihan.
Ø  Alquran surah pendek pilihan.
Ø  Kandungan dan makna Alquran surah pendek pilihan.
v  Aqidah
Ø  Keesaan dan Keberadaan Allah SWT.
Ø  Asmaul Husna (Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘,Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim) dan maknanya.
Ø  Keimanan kepada Malaikat Allah SWT.

v  Akhlak dan Budi Pekerti
Ø  Sikap disiplin dan tertib.
Ø  Sikap rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban.
Ø  Sikap kerja keras, menghindari perilaku tercela, sikap gemar membaca.
Ø  Sikap pantang menyerah.
Ø  Sikap amanah.
Ø  Perilaku jujur.
Ø  Perilaku mandiri, percaya diri,dan tanggung jawab.
Ø  Perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan.
Ø  Peduli terhadap sesama.
Ø  Sikap bersyukur. Sikap santun dan menghargai teman.
Ø  Sikap rendah hati.
Ø  Perilaku hemat.

v  Fiqih
Ø  Bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
Ø  Ibadah shalat, makna, tata cara, pelaksanaan, dan hikmahnya.
Ø  Zikir dan doa setelah shalat, makna dan tata caranya.

v  Sejarah Peradaban Islam
Ø  Kisah keteladanan para nabi dan rasul.
Ø  Kisah Keteladanan Nabi Muhammad saw.
Ø  Kisah keteladanan Wali Songo.
v  Alquran
Ø  Bacaan Alquran Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin, Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2.
Ø  Kalimat-kalimat dalam Alquran surah pendek pilihan.
Ø  Arti dan makna Alquran surah pendek pilihan.
Ø  Perilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap kandungan ayat Alquran atau surah pilihan.

v  Aqidah
Ø  Kitab-kitab Suci dan rasul yang menerimanya.
Ø  Alquran sebagai kitab suci terakhir dan pedoman hidup.
Ø  Asmaul Husna: Al-Mumit, Al- Hayy Al-Qayum, Al-Ahad, Ash- Shamad, Al-Muqadim, al-Baq.
Ø  Hari Akhir, hikmah dan perilaku yang mencerminkan iman kepadanya.
Ø  Qadha dan Qadar, hikmah dan Perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar.

v  Akhlak dan Budi Pekerti
Ø  Sikap jujur.
Ø  Perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga.
Ø  Sikap saling mengingatkan dalam kebajikan
Ø  Sikap menghargai pendapat.
Ø  Sikap sederhana.
Ø  Sikap ikhlas.
Ø  Sikap berbaik sangka kepada sesama.
Ø   Perilaku hidup rukun
Ø  Sikap tabligh.
Ø  Sikap sabar dan pengendalian diri.
Ø  Sikap toleran dan simpatik terhadap sesama.
Ø  Sikap fathanah.
Sikap suka menolong.
Sikap berserah diri kepada Allah SWT.

v  Fiqih
Ø  Puasa Ramadhan, makna dan hikmahnya.
Ø  Shalat tarawih dan tadarus.
Ø  Zakat, infak, sedekah, makna dan hikmahnya.

v  Sejarah peradaban Islam
Ø  Kisah Keteladanan para nabi dan rasul.
Ø  Kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Ø  Kisah keteladanan sahabat- sahabat Nabi Muhammad saw.
Ø  keteladanan Luqman.
Ø  Kisah keteladanan Ashabul Kahfi.







 *Buat Mind Mapping dengan materi diatas.

MATERI II PGMI A DAN B (3) IAIN PONOROGO \ Download 


No comments:

Post a Comment