Kurikulum
2013
Kompetensi
Inti, Kompetensi Dasar, dan Ruang Lingkup Materi SD/MI
A. Organisasi Kompetensi
Organisasi Kompetensi
Mata pelajaran adalah unit organisasi Kompetensi Dasar yang terkecil. Untuk
kurikulum SD/MI, organisasi Kompetensi Dasar dilakukan melalui pendekatan
terintegrasi. Berdasarkan pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi
Dasar mata pelajaran yang mengintegrasikan konten mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas I, II, dan III ke dalam
mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia,
Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Dengan pendekatan ini
maka Struktur Kurikulum SD/MI menjadi lebih sederhana karena jumlah mata
pelajaran berkurang. Di kelas IV, V, dan VI nama mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial tercantum dalam Struktur Kurikulum
dan memiliki Kompetensi Dasar masing–masing. Untuk proses pembelajaran,
Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial, sebagaimana
Kompetensi Dasar mata pelajaran lain, diintegrasikan ke dalam berbagai tema.
Oleh karena itu, proses pembelajaran semua Kompetensi Dasar dari semua mata
pelajaran terintegrasi dalam berbagai tema.
Substansi muatan lokal
termasuk bahasa daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan
Prakarya. Sedangkan substansi muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta
permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan.
B. Tujuan Satuan Pendidikan
Penyelenggaraan
pendidikan dasar dan menengah sebagaimana yang dinyatakan dalam Peraturan
Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan
Pendidikan bertujuan membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta
didik agar menjadi manusia yang:
a.
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, dan berkepribadian luhur;
b.
berilmu, cakap, kritis, kreatif, dan
inovatif;
c.
sehat, mandiri, dan percaya diri; dan d.
toleran, peka sosial, demokratis, dan bertanggung jawab.
C. Struktur Kurikulum dan Beban
Belajar
Struktur Kurikulum
menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran,
posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, distribusi konten/mata pelajaran
dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar
per minggu untuk setiap peserta didik. Struktur kurikulum adalah juga merupakan
aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan
pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran. Pengorganisasian
konten dalam sistem belajar yang digunakan untuk kurikulum yang akan datang
adalah sistem semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem
pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.
Struktur kurikulum adalah juga gambaran
mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang peserta didik
dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam
struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai posisi belajar seorang
peserta didik yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran
yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada
peserta didik untuk menentukan berbagai pilihan. Struktur kurikulum terdiri
atas sejumlah mata pelajaran, dan beban belajar.
D. Struktur Kurikulum SD/MI
Struktur Kurikulum
SD/MI adalah sebagai berikut:
Mata Pelajaran
|
Kelas dan
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
II
|
III
|
IV,
V, dan VI
|
||
Kelompok A
|
|||||
1
|
Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
5
|
5
|
6
|
4
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
8
|
9
|
10
|
7
|
4
|
Matematika
|
5
|
6
|
6
|
6
|
5
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
-
|
-
|
-
|
3
|
6
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Kelompok B
|
|||||
1
|
Seni Budaya dan Prakarya
|
4
|
4
|
4
|
5
|
2
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Jumlah Alokasi
Waktu Per Minggu
|
30
|
32
|
34
|
36
|
=
Pembelajaran Tematik Integratif
|
Keterangan: Mata
pelajaran Seni Budaya dan Prakarya dapat memuat Bahasa Daerah. Selain kegiatan
intrakurikuler seperti yang tercantum di dalam struktur kurikulum diatas,
terdapat pula kegiatan ekstrakurikuler SD/MI antara lain Pramuka (Wajib), Usaha
Kesehatan Sekolah, dan Palang Merah Remaja.
Mata pelajaran Kelompok A adalah kelompok mata
pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat.
Mata pelajaran Kelompok
B yang terdiri atas mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya
dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan
oleh pemerintah daerah. Satuan pendidikan dapat menambah jam pelajaran per
minggu sesuai dengan kebutuhan peserta didik pada satuan pendidikan tersebut
E. Beban Belajar
Beban belajar
dinyatakan dalam jam belajar setiap minggu untuk masa belajar selama satu
semester. Beban belajar di SD/MI kelas I, II, dan III masing-masing 30, 32, 34
sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI masing-masing 36 jam setiap minggu. Jam
belajar SD/MI adalah 35 menit.
Dengan adanya tambahan
jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki
keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi
siswa aktif. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih
panjang dari proses pembelajaran penyampaian informasi karena peserta didik
perlu latihan untuk mengamati, menanya, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Proses
pembelajaran yang dikembangkan menghendaki kesabaran guru dalam mendidik
peserta didik sehingga mereka menjadi tahu, mampu dan mau belajar dan
menerapkan apa yang sudah mereka pelajari di lingkungan sekolah dan masyarakat
sekitarnya. Selain itu bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan
penilaian proses dan hasil belajar.
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
A. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti
merupakan terjemahan atau operasionalisasi Standar Kompetensi Lulusan dalam
bentuk kualitas yang harus dimiliki oleh peserta didik yang telah menyelesaikan
pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu,
gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap,
keterampilan, dan pengetahuan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu
jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.
Kompetensi Inti harus
menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft
skills. Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising
element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti
merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal
Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan
antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke
kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu
akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari peserta didik.
Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu
mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda
dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses
saling memperkuat.
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok
yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (Kompetensi Inti 1),
sikap sosial (Kompetensi Inti 2), pengetahuan (Kompetensi Inti 3), dan
penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan
dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa
pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap
keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching)
yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (Kompetensi Inti 3)
dan penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 4).
Kompetensi
Inti SD adalah sebagai berikut:
KOMPETENSI INTI KELAS I
|
KOMPETENSI INTI KELAS II
|
KOMPETENSI INTI KELAS III
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tatangganya
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
KOMPETENSI INTI KELAS IV
|
KOMPETENSI INTI KELAS V
|
KOMPETENSI INTI KELAS I
|
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya
|
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya
|
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
|
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain
|
4.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain
|
4.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain
|
4.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain
|
B.
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan
dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang
terdiri atas sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang bersumber pada
kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut
dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal,
serta ciri dari suatu mata pelajaran. Mata pelajaran sebagai sumber dari konten
untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan
berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi
esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten
yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang
diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresifisme atau pun
humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti
dikemukakan di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata
pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada
kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.
Kompetensi Dasar
merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan
dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar SD/MI untuk setiap mata pelajaran
mencakup mata pelajaran: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan
Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah
Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang merupakan satu kesatuan ide masing-masing mata
pelajaran dimuat dalam tabel-tabel berikut ini:
1.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
KELAS:
I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1.
Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar
sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. AlFatihah
1.2.
Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan
Maha Penyayang.
1.3.
Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4.
Terbiasa bersuci sebelum beribadah
1.5.
Terbiasa membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru
|
2.1
Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari
pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah SAW
2.2
Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua
dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31): 14
2.3
Memiliki perilaku hormat kepada sesama anggota
keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.4
Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.5
Memiliki sikap percaya diri sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas
2.6
Memiliki sikap yang baik ketika berbicara sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. AlBaqarah (2): 83
2.7
Memiliki perilaku rajin belajar sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‟Alaq (96): 1-5
2.8
Memiliki perilaku bersih badan, pakaian,
barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S
Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ‟Alaq (96): 1-5
3.2
Mengenal keesaan Allah SWT berdasarkan pengamatan
terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan
sekolah
3.3
Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim,
Al-Malik
3.4
3.4 Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai
bagian dari rukun Islam yang pertama
3.5
Mengenal makna do‟a sebelum dan sesudah belajar
3.6
Mengenal tata cara bersuci
3.7
Mengenal shalat dan kegiatan agama yang dianutnya
di sekitar rumahnya melalui pengamatan
3.8
Mengenal
kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
3.9
Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
3.10Mengenal kisah
keteladanan Nabi Nuh a.s.
3.11 Mengenal
kisah keteladanan Nabi Hud a.s
3.12Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya
secara lengkap
4.2
Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, ArRahim,
Al-Malik
4.3
Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan
jelas
4.4
Melafalkan
Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.5
Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan
benar dan jelas.
4.6
Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S.
Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.7
Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru
4.8
Mencontohkan perilaku saling menghormati antar
sesama anggota keluarga
4.9
Mempraktikkan tata cara bersuci
4.10
Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di
sekitar rumahnya
4.11
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam
a.s.
4.12
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
4.13
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
4.14
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s
4.15
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad
SAW
|
KELAS:
II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Terbiasa
berwudhu sebelum shalat
1.2 Menunaikan
shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
1.3 Terbiasa
berdoa sebelum dan sesudah makan 1.4 Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha
Mencipta segala yang ada di alam.
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
|
2.1 Memiliki sikap
jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119
2.2 Memiliki
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota
keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.3 Memiliki
perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Fatihah
2.4 Memiliki sikap
kerja sama dan tolongmenolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Maidah ayat 2
2.5 Memiliki sikap
berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl ayat 43
2.6 Memiliki sikap
berlindung diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
An-Nas
2.7 Memiliki
perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‟Ashr
2.8 Memiliki
perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari
pemahaman makna berwudhu
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengetahui
keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci
berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai
di sekitar rumah dan sekolah
3.2 Mengenal makna
Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
3.3 Mengenal
hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
3.4 Mengenal
hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat
3.5 Mengenal makna
Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-Ashr
3.6 Mengenal tata
cara shalat dan bacaannya
3.7 Mengenal doa
sebelum dan sesudah wudhu
3.8 Mengenal makna
doa sebelum dan sesudah makan
3.9 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
3.10
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
3.11
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
3.12
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya„qub a.s.
3.13
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Melafalkan
huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
4.2 Melafalkan
Q.S. An-Nas dan Al „Ashr dengan benar dan jelas
4.3 Menunjukkan
hafalan Q.S. An-Nas dan Al „Ashr dengan benar dan jelas
4.4 Mencontohkan
perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Fatihah
4.5 Mencontohkan sikap kerja sama dan saling
tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.6 Mencontohkan
perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna
hadits tentang kebersihan dan kesehatan 4.7 Mempraktikkan wudhu dan doanya
dengan tertib dan benar
4.7 Memperaktikkan
shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4.8 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
4.9 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
4.10
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
4.11
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Ya‟qub a.s.
4.12
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
KELAS:
III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari
pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 3
1.2
Terbiasa berzikir dan berdoa setelah selesai
shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. AlKautsar
1.3
Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha
Melihat dan Maha Mendengar.
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tatangganya
|
2.1
Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. An-Nisa ayat 135
2.2
Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 23
2.3
Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar.
2.4
Memiliki sikap bersyukur sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
2.5
Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai
implementasi pemahaman makna ibadah shalat. 2.6 Memiliki perilaku tawadlu,
Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah
qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.6
Memiliki
sikap rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
2.7
Memiliki sikap kerja keras sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-An„am ayat 132
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpain
|
3.1 Mengetahui
keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan
makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
3.2 Mengetahui
makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-„Alim, As-Sami„
3.3 Mengetahui
hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
3.4 Mengerti makna
shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
3.5 Mengerti makna
zikir dan doa setelah shalat
3.6 Mengetahui
hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah
3.7 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s. 3.8 Mengetahui kisah keteladanan Nabi
Syu„aib a.s.
3.8 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. (rasa ingin tahu,
sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua)
3.9 Mengetahui
sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan nabi
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Membaca
kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar
4.2 Menulis huruf
hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar
4.3 Menunjukkan
hafalan Q.S. An-Nashr dan AlKautsar dengan lancar
4.4 Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan
mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu
binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
4.5 Mencontohkan
perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
AlKautsar.
4.6 Mencontohkan
sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
4.7 Mempraktikkan
tata cara shalat, zikir, dan doa setelah shalat secara benar
4.8 Menceritakan
pelaksanaan ibadah shalat di sekitar rumah dan sekolah
4.9 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
4.10
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu‟aib a.s.
4.11
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s.
dan Nabi Ismail a.s.
4.12
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
KELAS:
IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadats kecil dan hadats besar
1.2 Menunaikan
shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT.
1.3 Menerapkan kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.3 Menghindari
perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.4 Meyakini keberadaan
malaikat-malaikat Allah SWT
1.5 Meyakini
adanya Rasul-Rasul Allah SWT
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
|
2.1 Memiliki sikap
jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S At-Taubah (9): 119
2.2 Memiliki
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota
keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Lukman (31): 14
2.3 Memiliki sikap
santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat
sekitar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hadiid (57): 9
2.4 Memiliki sikap
yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin
dari perilaku kehidupan sehari-hari.
2.5 Memiliki sikap
gemar membaca sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-„Alaq (96): 1-5
2.6 Memiliki sikap
amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
2.7 Memiliki sikap
pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
2.8 Memiliki sikap
rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 37
2.9 Memiliki
perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 27
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1
Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan
terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
3.2
Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
3.3
Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al- „Adil,
Al-„Azhim
3.4
Memahami tata cara bersuci dari hadats kecil dan
hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam
3.5
Memahami makna bacaan sholat
3.6
Mengetahui kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
3.7
Mengetahui kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
3.8
Mengetahui kisah keteladan Nabi Harun a.s.
3.9
Mengetahui kisah keteladan Nabi Musa a.s.
3.10Mengetahui
kisah keteladan pahlawan dan waliwali Allah
3.11Mengetahui
sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW
|
4.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
4.1
Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma„un dan Al-Fil dengan
tartil
4.2
Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, AlMa„un
dan Al-Fil dengan benar
4.3
Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma„un dan
Al-Fil dengan lancar.
4.4
Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman,
baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
4.5
Mencontohkan sikap rendah hati sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
4.6
Mencontohkan perilaku hemat sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
4.7
Memperaktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil
dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam
4.8
Menceritakan pengalaman melaksanakan shalat di
rumah, atau di masjid lingkungan sekitar rumah.
4.9
Menceritakan kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
4.10
Menceritakan kisah keteladan Nabi Dzulkifli a.s.
4.11
Menceritakan kisah keteladan Nabi Harun a.s.
4.12
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
4.13
Menceritakan kisah keteladanan pahlawan muslim dan
wali-wali Allah
|
KELAS:
V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2
Menyakini Al-Quran sebagai kitab suci terakhir dan
menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.3
Menunaikan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi
dari pemahaman rukun Islam
1.4
Menunaikan shalat tarawih dan tadarus AlQuran di
bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air
|
2.1
Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.Al-Ahzab (33): 23
2.2
Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Baqarah ayat 83
2.3
Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Ma‟un
2.4
Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-„Ashr
2.5
Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
2.6
Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai
implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
2.7
Memiliki sikap sederhana sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
2.8
Memiliki sikap ikhlas sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
2.9
Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1
Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi
3.2
Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
3.3
Mengetahui makna Q.S. Al-Ma‟un dan Q.S. AtTin
dengan benar
3.4
Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, AlHayy,
Al-Qayum, Al-Ahad
3.5
Mengetahui
hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
3.6
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
3.7
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.8
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
3.9
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa‟ a.s.
3.10
Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana
terdapat dalam Al-Quran
|
4.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
4.1
Membaca Q.S. Al-Ma‟un dan Q.S. At-Tin dengan baik
dan benar
4.2
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Ma‟un dan Q.S.
At-Tin dengan baik dan benar
4.3
Menunjukkan
hafalan Q.S. Al-Ma‟un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.4
Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam
hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
4.5
Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma‟un
4.6
Mencontohkan sikap menghargai pendapat sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. AzZumar ayat 18
4.7
Mencontohkan sikap sederhana sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
4.8
Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. AlBayyinah ayat 5
4.9
Mencontohkan sikap tabligh sebagai implementasi
dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
4.10
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
4.11
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
4.12
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
4.13
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa‟ a.s.
4.14
Menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana
terdapat dalam Al-Quran
|
KELAS:
VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2
Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi
dari pemahaman Rukun Iman
1.3
Menyakini adanya Qadha dan Qadar
1.4
Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi
dari pemahaman rukun Islam
1.5
Terbiasa berinfaq sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2
1.6
Terbiasa bersedekah sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air
|
2.1
Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Ahzab (33): 70
2.2
Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.3
Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama
sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S.
AlMaidah (5):2
2.4
Memiliki sikap berbaik sangka kepada sesama
sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. AlHujurat (49): 12
2.5
Memiliki perilaku hidup rukun sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49):13
2.6
Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada
Hari Akhir
2.7
Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada
Qadha dan Qadar
2.8
Memiliki sikap berserah diri kepada Allah SWT
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. AlAn‟am (6):162-163
2.9
Memiliki sikap fathanah sebagai implementasi dari
pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1
Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan AlMaidah (5):
2 dengan benar
3.2
Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
3.3
Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang
dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.4
Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar
yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.5
Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai
implementasi dari rukun Islam
3.6
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
3.7
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
3.8
Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
3.9
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
3.10
Mengetahui kisah Nabi Muhammad SAW
3.11
Mengetahui
kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
3.12
Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi
sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
|
4.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
4.1
Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2
dengan jelas dan benar
4.2
Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2
dengan benar
4.3
Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan AlMaidah (5):
2 dengan benar
4.4
Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2
4.5
Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan
sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman
4.6
Mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama
sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al Hujurat (49): 12
4.7
Mencontohkan perilaku hidup rukun sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 13
4.8
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
4.9
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dzakariya a.s.
4.10
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
4.11
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa
4.12
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.13
Menceritakan kisah keteladanan sahabatsahabat Nabi
Muhammad SAW
4.14
Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi
sebagaimana terdapat dalam Al-Qur‟an
|
Kompetensi Inti
untuk Tingkat Pendidikan Dasar disajikan dalam tabel berikut.
*Tingkat
Pendidikan Dasar
(Tingkat
Kelas I-VI SD/MI/SDLB/PAKET A)
KOMPETENSI INTI
|
DESKRIPSI KOMPETENSI
|
Sikap
Spritual
|
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
Sikap
Sosial
|
2.
Menunjukkan
perilaku:
a.
jujur,
b.
disiplin,
c.
santun,
d.
percaya diri,
e.
peduli, dan
f.
bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangga, dan negara.
|
Pengetahuan
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
dasar dengan cara :
a.
mengamati,
b.
menanya, dan
c.
mencoba
Berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
|
Keterampilan
|
4.
Menunjukkan
keterampilan berfikir dan bertindak:
a.
kreatif
b.
produktif,
c.
kritis,
d.
mandiri,
e.
kolaboratif, dan
f.
komunikatif
Dalam
bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan
perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
|
TINGKAT
KOMPETENSI DAN RUANG LINGKUP MATERI
A. Tingkat
Kompetensi dan Ruang Lingkup Materi pada SD/MI/SDLB/ PAKET A
Tingkat
Kompetensi dan ruang lingkup materi diterapkan untuk setiap muatan sebagaimana
diatur dalam Pasal 77I ayat (1), Pasal 77C ayat (1), dan Pasal 77K ayat (2),
ayat (4) dan ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang
Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar
Nasional Pendidikan sebagai berikut.
B.
Muatan Pendidikan Agama
Muatan
Pendidikan Agama Islam pada SD/MI/SDLB/PAKET A.
Tingkat Kompetensi
|
Kompetensi
|
Ruang Lingkup
Materi
|
Tingkat
Pendidikan
Dasar
(Kelas I-VI)
|
v
Meyakini
adanya Allah SWT dan mensyukuri karunia dan pemberian Allah SWT.
v
sikap
sesuai dengan akhlakul karimah (akhlak mulia) dan budi pekerti serta perilaku
hidup sehat.
v
Mengetahui
keesaan Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan yang dijumpai
di sekitar rumah dan sekolah.
v
Mengenal
pesan-pesan yang terkandung dalam surah pendek Alquran, rukun Islam yang
pertama dan doa sehari-hari.
v
Mengenal
dan mempraktikkan tata cara bersuci, shalat dan kegiatan agama yang dianutnya
di sekitar rumahnya melalui pengamatan sesuai dengan ketentuan agama Islam.
v
Mengenal
dan menceritakan kisah keteladanan nabi.
v
Mengenal
hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu serta perilaku hidup bersih
dan sehat.
v
Memahami
dan mencontoh perilaku yang sesuai dengan akhlakul karimah (akhlak mulia) dan
budi pekerti.
v
Mengetahui
dan melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan hafalan surah dan ayat pilihan dalam
Alquran, dan Asmaul Husna.
v
Melafalkan
dan mempraktikkan dua kalimat syahadat serta doa sehari-hari dengan benar dan
jelas.
v
Meyakini
dan mengetahui adanya Allah SWT, malaikat-malaikat, dan Rasul-Rasul Allah
SWT.
v
Menunaikan
ibadah shalat secara tertib serta zikir dan doa setelah selesai shalat.
v
Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam bersuci dan berperilaku.
v
Memiliki
dan memahami sikap sesuai dengan akhlakul karimah yang tercermin dari
perilaku kehidupan sehari-hari.
v
Mengerti
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya dan alam sekitar.
v
Mengetahui
hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab.
v
Mengetahui
hikmah ibadah shalat, zikir dan doa setelah shalat melalui pengamatan dan
pengalaman di rumah dan sekolah.
v
Mengetahui
dan menceritakan kisah keteladanan nabi dan wali songo.
v
Membaca
dan mengetahui makna Asmaul Husna dan hafalan surat dan ayat pilihan dengan
benar.
v
Mencontohkan
perilaku sesuai dengan akhlakul karimah.
v
Mempraktikkan
tata cara shalat, zikir dan doa setelah shalat secara benar dan tata cara
bersuci sesuai ketentuan syariat Islam dan menceritakan pengalaman
pelaksanaan ibadah shalat di rumah, masjid dan sekolah.
v
Meyakini
Alquran sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup.
v
Memahami
dan mengetahui makna Rukun Iman.
v
Menunaikan
ibadah wajib dan sunnah di bulan Ramadhan, dan berzakat, infak, dan sedekah.
v
Memiliki
dan mencontohkan sikap sesuai dengan akhlakul karimah yang mencerminkan rukun
iman.
v
Mengenal
nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi
v
Mengetahui
makna Asmaul Husna, surat, dan ayat pilihan dengan benar serta menuliskannya
dengan baik dan benar.
v
Memahami
hikmah ibadah wajib dan sunnah di bulan Ramadhan, beriman kepada Hari Akhir,
zakat, infak, dan sedekah, beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat
membentukperilaku akhlak mulia.
v
Mengetahui
dan menceritakan kisah keteladanan nabi, Keluarga Luqman, sahabat-sahabat
Nabi Muhammad SAW, Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Alquran.
v
Menunjukkan
contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari- hari sebagai implementasi dari
pemahaman rukun Iman.
|
v Alquran
Ø Huruf-huruf hijaiyyah
bersambung ataupun tidak, dengan harakatnya secara lengkap sesuai dengan
makharijul huruf.
Ø Surah-surah pendek pilihan di
dalam Alquran Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas.
Ø Pesan dan makna yang terkandung
di dalam Alquran surat-surat pendek Q.S. Al- Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas.
v Aqidah
Ø Asmaul
Husna.
Ø Kalimat
syahadat.
Ø Keesaan
Allah SWT Akhlak dan Budi Pekerti.
Ø Doa
belajar dan makan.
Ø Perilaku hormat dan patuh
kepada orangtua dan guru.
Ø Perilaku saling menghormati
antar sesama anggota keluarga.
Ø Perilaku
jujur.
Ø Perilaku
disiplin.
Ø Perilaku
bertanggung jawab.
Ø Perilaku
percaya diri
Ø Perilaku
kasih sayang kepada sesame.
Ø Sikap kerja sama dan saling
tolong menolong.
Ø Perilaku menuntut ilmu.
Ø Perilaku hidup bersih dan sehat
v Fiqih
Ø Tata cara bersuci.
Ø Tata cara shalat dan bacaannya.
Ø Tata cara Wudhu dan doanya.
Ø Kegiatan
agama yang dianutnya.
v Sejarah
Peradaban Islam.
Ø Kisah keteladanan para nabi dan
rasul.
Ø Kisah
keteladanan Nabi Muhammad
saw.
v Alquran
Ø -Bacaan Alquran surat dan ayat
pilihan (Q.S. An-Nashr, Al- Kautsar, Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil).
Ø Kalimat dalam Alquran surah
pendek pilihan.
Ø Alquran surah pendek pilihan.
Ø Kandungan dan makna Alquran
surah pendek pilihan.
v Aqidah
Ø Keesaan dan Keberadaan Allah
SWT.
Ø Asmaul Husna (Al-Wahhab,
Al-‘Alim, As-Sami‘,Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim) dan maknanya.
Ø Keimanan kepada Malaikat Allah
SWT.
v Akhlak
dan Budi Pekerti
Ø Sikap disiplin dan tertib.
Ø Sikap rasa ingin tahu, sabar,
dan rela berkorban.
Ø Sikap kerja keras, menghindari
perilaku tercela, sikap gemar membaca.
Ø Sikap pantang menyerah.
Ø Sikap amanah.
Ø Perilaku jujur.
Ø Perilaku mandiri, percaya
diri,dan tanggung jawab.
Ø Perilaku tawaduk, ikhlas, dan
mohon pertolongan.
Ø Peduli terhadap sesama.
Ø Sikap bersyukur. Sikap santun
dan menghargai teman.
Ø Sikap rendah hati.
Ø Perilaku hemat.
v Fiqih
Ø Bersuci dari hadas kecil dan
hadas besar.
Ø Ibadah shalat, makna, tata
cara, pelaksanaan, dan hikmahnya.
Ø Zikir dan doa setelah shalat,
makna dan tata caranya.
v Sejarah
Peradaban Islam
Ø
Kisah
keteladanan para nabi dan rasul.
Ø
Kisah Keteladanan Nabi Muhammad saw.
Ø
Kisah
keteladanan Wali Songo.
v Alquran
Ø Bacaan Alquran Q.S. Al-Ma’un
dan Q.S. At-Tin, Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2.
Ø Kalimat-kalimat dalam Alquran
surah pendek pilihan.
Ø Arti dan makna Alquran surah
pendek pilihan.
Ø Perilaku yang mencerminkan
pemahaman terhadap kandungan ayat Alquran atau surah pilihan.
v Aqidah
Ø Kitab-kitab Suci dan rasul yang
menerimanya.
Ø Alquran sebagai kitab suci
terakhir dan pedoman hidup.
Ø Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-
Hayy Al-Qayum, Al-Ahad, Ash- Shamad, Al-Muqadim, al-Baq.
Ø Hari Akhir, hikmah dan perilaku
yang mencerminkan iman kepadanya.
Ø Qadha dan Qadar, hikmah dan
Perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar.
v Akhlak
dan Budi Pekerti
Ø Sikap
jujur.
Ø Perilaku hormat dan patuh
kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga.
Ø Sikap saling mengingatkan dalam
kebajikan
Ø Sikap
menghargai pendapat.
Ø Sikap
sederhana.
Ø Sikap
ikhlas.
Ø Sikap berbaik sangka kepada
sesama.
Ø Perilaku hidup rukun
Ø Sikap
tabligh.
Ø Sikap
sabar dan pengendalian
diri.
Ø Sikap toleran dan simpatik
terhadap sesama.
Ø Sikap
fathanah.
Sikap
suka menolong.
Sikap berserah diri kepada
Allah SWT.
v Fiqih
Ø Puasa
Ramadhan, makna dan hikmahnya.
Ø Shalat tarawih dan tadarus.
Ø Zakat, infak, sedekah, makna
dan hikmahnya.
v Sejarah
peradaban Islam
Ø Kisah Keteladanan para nabi dan
rasul.
Ø Kisah
keteladanan Nabi Muhammad
saw.
Ø Kisah
keteladanan sahabat- sahabat Nabi Muhammad saw.
Ø keteladanan Luqman.
Ø Kisah keteladanan Ashabul
Kahfi.
|
No comments:
Post a Comment