Rencana
Program dan kegiatan pembelajaran semester
(RPKPS)
Nama Mata Kuliah :
Materi dan Pembelajaran SKI di MI/SD
SKS :
2 (Dua)
Dosen Pengampu :
Lutfiana Dwi Mayasari S.HI.,M.SI
Program Studi :
PGMI
Course
Learning Outcomes
Setelah
mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu:
Parameter
KKNI Aspek Sikap dan Tata Nilai:
1. Berkontribusi
dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila melalui pembelajaran SKI di SD/MI.
Parameter
KKNI Aspek Kemampuan Kerja Umum
1. Menerapkan
pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam menyusun ruang lingkup
materi pembelajaran SKI di SD/MI.
2. Mengambil
keputusan secara tepat dalam konteks pembelajaran SKI di SD/MI, berdasarkan
hasil analisis informasi dan data.
3. Bertanggungjawab
atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi
terhadap materi SKI di SD/MI
4. Melakukan
proses evaluasi diri terhadap pembelajaran SKI di SD/MI.
Parameter KKNI Aspek Kemampuan
Kerja Khusus
1. Mengaplikasikan
keahlian di bidang pembelajaran SKI di SD/MI
Parameter
KKNI Aspek Pengetahuan Khusus
1. Menguasai
konsep teoritis mengenai konsep studi materi SKI di SD/MI; karakteristik
peserta didik usia SD/MI; pengetahuan sejarah dan penerapannya dalam pembelajaran
SKI;orientasi, pengembangan, dan problematika serta penerapan materi SKI di
SD/MI secara mendalam.
2. Memformulasikan
klasifikasi materi SKI di SD/MI secara procedural.
Kegiatan Perkuliahan
1.
Kontrak
Perkuliahan
Perkuliahan diawali
dengan perkenalan antara dosen dan mahasiswa disusul presensi. Dispensasi
keterlambatan 15 menit. Bagi yang hadir setalah 15 menit waktu berjalan,maka
mahasiswa yang bersangkutan tetap diperkenankan mengikuti perkuliahan, namun
tidak berhak mengisi presensi. Kehadiran minimal yang disyaratkan untuk bisa
mengikuti ujuan akhir adalah 75%. Kurang dari itu maka tidak bisa mengikuti
UAS.
2.
Evaluasi.
Evaluasi dalam perkuliahan ini
terdiri atas partisipasi dalam diskusi yang meliputi bertanya, menyanggah atau
memberikan gagasan baru (30%), presentasi mini riset (30%), UTS (20%), dan
ujian akhir (20%).
3.
Tugas
a.
Tugas Mandiri
Agar peserta studi mempunyai
persiapan sebelum mengikuti perkuliahan, sebelum perkuliahan dimulai peserta
didik harus mengumpulkan mind mapping sesuai dengan tema. Mind mapping dibuat
dirumah, dan harus menyebutkan referensi.
b.
Tugas Kelompok
Tugas kelompok dibagi menjadi 2
(dua); Praktik Mengajar;dan Mini Riset. Bagi kelompok yang mendapat tugas
praktik mengajar, harus membuat rencana pembelajaran. Sedangkan bagi kelompok
yang mendapat tugas mini riset, harus melakukan wawancara dengan guru SKI di
SD/MI terkait dengan strategi yang digunakan selama ini dalam penyampaian
materi SKI di SD/MI, media yang digunakan, efektifitas penggunaan media dan
juga strategi yang diterapkan, serta kendala apa yang selama ini dialami saat
menyampaikan materi. Berikut format penulisan laporan hasil mini riset:
Bab
1: Pendahuluan
a.
Latar Belakang
b.
Rumusan Masalah
c.
Tujuan Penulisan
Bab
II: Metode Penelitian
a.
Objek Penelitian
b.
Metode Penelitian (wawancara)
Bab
3: Hasil Penelitian
a.
Stategi pembelajaran yang diterapkan
pada MI X dalam mata pelajaran SKI
b.
Efektivitas strategi yang diterapkan
terhadap tingkat pemahaman siswa/i
c.
Evaluasi
Bab
4: Penutup
a.
Kesimpulan
b.
Saran
4.
Rencana
Perkuliahan
No
|
Materi Perkuliahan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Strategi Belajar
|
1
|
Tinjauan
Umum Mengenai
Sejarah
|
-Terminologi
Sejarah
-
Kegunaan mempelajari Sejarah
-Sejarah
dalam Al-Quran dan Sunnah
|
-Tanya
Jawab
-Diskusi
|
2
|
Tinjauan
Umum mengenai Materi dan Pembelajaran SKI tingkat SD/MI
|
-
Pengertian Pembelajaran
-Faktor yang mempengaruhi
hasil
--Macam-macam
teori belajar
1.
behavioristic
2. kognitif
3. Teori
belajar social
4. Teori
belajar
Konstruktivisme
|
Mind
Mapping
|
3
|
Karakteristik
peserta didik usia SD/MI
|
a.
Karakteristik anak usia SD/MI
b.
Pentingnya Pembelajaran SKI untuk usia SD/MI
|
Mind
Mapping
|
4
|
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pembelajaran SKI di SD/MI
|
a.
Kompetensi Isi dan Kompetensi Dasar SKI
b.
Ruang Lingkup SKI di MI/SD
|
Mind
Mapping
|
5
|
Sistem
Penilaian dalam pembelajaran SKI di SD/MI
|
a.
Pendekatan Pembelajaran dan Penilaian dalam
Pembelajaran SKI
b.
Model, Pendekatan, Strategi, Metode SKI
c.
Pengembangan Materi SKI untuk SD/MI
|
Mind
Mapping
|
6
|
Media
pembelajaran SKI di MI/SD
|
a.
Pengertian media
pembelajaran
b.
Jenis media pembelajaran
SKI di MI dan SD
c.
Langkah menyiapkan media
pembelajaran
d.
Macam-macam media dalam
pembelajaran SKI di SD/MI
|
Mind
Mapping
|
8
|
Perencanaan
Pembelajaran SKI di MI/SD
|
a.
Analisis Silabus mata pelajaran SKI di MI/SD
b.
Pembuatan RPP
c.
Pembuatan Prota dam Promes
|
|
7
|
|
|
|
8
|
UTS
|
||
9
|
Pelaksanaan
Pembelajaran
|
Materi
SKI kelas 4 MI semester gasal
|
Laporan,
Presentasi
Monita,
Renaldi, Luluk, Lisa, Wahyu
|
10
|
Pelaksanaan
Pembelajaran
|
Materi
SKI kelas 5 MI semester genap
|
Laporan,
Presentasi
Ainun,
Widya, Aning, Rina
|
11
|
Pelaksanaan
Pembelajaran
|
Materi
SKI kelas 6 MI semester gasal
|
Laporan,
Presentasi
Mayang,
Ani, Erma, Khusnul, jelita
|
12
|
Mini Riset “Strategi Pembelajaran SKI di SD/MI”
|
a. Melakukan mini riset mengenai strategi pembelajaran SKI di SD/MI
b. Melaporkan dan mempresentasikan hasil riset kepada dosen dan juga rekan
yang lain guna membagi ilmu mengenai strategi yang diterapkan di sekolah yang
bersangkutan.
|
Laporan,
Presentasi
Irma,
Niha, Susi, Silvi, Dian
|
13
|
Mini Riset “Strategi Pembelajaran SKI di SD/MI”
|
a. Melakukan mini riset mengenai strategi pembelajaran SKI di SD/MI
b. Melaporkan dan mempresentasikan hasil riset kepada dosen dan juga rekan
yang lain guna membagi ilmu mengenai strategi yang diterapkan di sekolah yang
bersangkutan.
c.
|
-
Laporan,
Presentasi
Fitriyatus,
Ade Irma, Ida, Sucia
|
14
|
Mini Riset “Strategi Pembelajaran SKI di SD/MI”
|
c. Melakukan mini riset mengenai strategi pembelajaran SKI di SD/MI
d. Melaporkan dan mempresentasikan hasil riset kepada dosen dan juga rekan
yang lain guna membagi ilmu mengenai strategi yang diterapkan di sekolah yang
bersangkutan.
|
Laporan,
Presentasi
Azimah,
Frida, Mala, Sallya, Irin
|
15
|
Mini Riset “Strategi Pembelajaran SKI di SD/MI”
|
a. Melakukan mini riset mengenai strategi pembelajaran SKI di SD/MI
b. Melaporkan dan mempresentasikan hasil riset kepada dosen dan juga rekan
yang lain guna membagi ilmu mengenai strategi yang diterapkan di sekolah yang
bersangkutan.
|
Laporan,
Presentasi
Lailatul,
Nafi, Diah, Nina
|
16
|
UAS
|
RPKPS PGMI A / download
RPKPS PGMI B/ download
No comments:
Post a Comment