Saturday 16 September 2017

RPKPS Materi Pembelajaran SKI di SD/MI (3) IAIN Ponorogo


Rencana Program dan kegiatan pembelajaran semester
(RPKPS)
Nama Mata Kuliah      : Materi dan Pembelajaran SKI di MI/SD                             
SKS                             : 2 (Dua)         
Dosen Pengampu        : Lutfiana Dwi Mayasari S.HI.,M.SI                                     
Program Studi             : PGMI
Course Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu:
Parameter KKNI Aspek Sikap dan Tata Nilai:
1.      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila melalui pembelajaran SKI di SD/MI.
Parameter KKNI Aspek Kemampuan Kerja Umum
1.      Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam menyusun ruang lingkup materi pembelajaran SKI di SD/MI.
2.      Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks pembelajaran SKI di SD/MI, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
3.      Bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap materi SKI di SD/MI
4.      Melakukan proses evaluasi diri terhadap pembelajaran SKI di SD/MI.


Parameter KKNI Aspek Kemampuan Kerja Khusus
1.      Mengaplikasikan keahlian di bidang pembelajaran SKI di SD/MI
Parameter KKNI Aspek Pengetahuan Khusus
1.      Menguasai konsep teoritis mengenai konsep studi materi SKI di SD/MI; karakteristik peserta didik usia SD/MI; pengetahuan sejarah dan penerapannya dalam pembelajaran SKI;orientasi, pengembangan, dan problematika serta penerapan materi SKI di SD/MI secara mendalam.
2.      Memformulasikan klasifikasi materi SKI di SD/MI secara procedural.
Kegiatan Perkuliahan
1.      Kontrak Perkuliahan
Perkuliahan diawali dengan perkenalan antara dosen dan mahasiswa disusul presensi. Dispensasi keterlambatan 15 menit. Bagi yang hadir setalah 15 menit waktu berjalan,maka mahasiswa yang bersangkutan tetap diperkenankan mengikuti perkuliahan, namun tidak berhak mengisi presensi. Kehadiran minimal yang disyaratkan untuk bisa mengikuti ujuan akhir adalah 75%. Kurang dari itu maka tidak bisa mengikuti UAS.
2.      Evaluasi.
Evaluasi dalam perkuliahan ini terdiri atas partisipasi dalam diskusi yang meliputi bertanya, menyanggah atau memberikan gagasan baru (30%), presentasi mini riset (30%), UTS (20%), dan ujian akhir (20%).
3.      Tugas
a.      Tugas Mandiri
Agar peserta studi mempunyai persiapan sebelum mengikuti perkuliahan, sebelum perkuliahan dimulai peserta didik harus mengumpulkan mind mapping sesuai dengan tema. Mind mapping dibuat dirumah, dan harus menyebutkan referensi.
b.      Tugas Kelompok
Tugas kelompok dibagi menjadi 2 (dua); Praktik Mengajar;dan Mini Riset. Bagi kelompok yang mendapat tugas praktik mengajar, harus membuat rencana pembelajaran. Sedangkan bagi kelompok yang mendapat tugas mini riset, harus melakukan wawancara dengan guru SKI di SD/MI terkait dengan strategi yang digunakan selama ini dalam penyampaian materi SKI di SD/MI, media yang digunakan, efektifitas penggunaan media dan juga strategi yang diterapkan, serta kendala apa yang selama ini dialami saat menyampaikan materi. Berikut format penulisan laporan hasil mini riset:
Bab 1: Pendahuluan
a.       Latar Belakang
b.      Rumusan Masalah
c.       Tujuan Penulisan

Bab II: Metode Penelitian
a.       Objek Penelitian
b.      Metode Penelitian (wawancara)
Bab 3: Hasil Penelitian
a.          Stategi pembelajaran yang diterapkan pada MI X dalam mata pelajaran SKI
b.                  Efektivitas strategi yang diterapkan terhadap tingkat pemahaman siswa/i
c.                   Evaluasi
Bab 4: Penutup
a.                   Kesimpulan
b.                  Saran



4.      Rencana Perkuliahan
No
Materi Perkuliahan
Sub Pokok Bahasan
Strategi Belajar
1
Tinjauan Umum Mengenai
Sejarah
-Terminologi Sejarah
- Kegunaan mempelajari Sejarah
-Sejarah dalam Al-Quran dan Sunnah
-Tanya Jawab
-Diskusi
2
Tinjauan Umum mengenai Materi dan Pembelajaran SKI tingkat SD/MI
-          Pengertian Pembelajaran
-Faktor yang mempengaruhi hasil
--Macam-macam teori belajar
1. behavioristic
2. kognitif
3. Teori belajar social
4. Teori belajar
Konstruktivisme
Mind Mapping
3

Karakteristik peserta didik usia SD/MI




a.       Karakteristik anak usia SD/MI
b.      Pentingnya Pembelajaran SKI untuk usia SD/MI

Mind Mapping
4
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pembelajaran SKI di SD/MI

a.       Kompetensi Isi dan Kompetensi Dasar SKI
b.      Ruang Lingkup SKI di MI/SD


Mind Mapping
5
Sistem Penilaian dalam pembelajaran SKI di SD/MI
a.       Pendekatan Pembelajaran dan Penilaian dalam Pembelajaran SKI
b.      Model, Pendekatan, Strategi, Metode SKI
c.       Pengembangan Materi SKI untuk SD/MI

Mind Mapping
6

Media pembelajaran SKI di MI/SD





a.       Pengertian media pembelajaran
b.      Jenis media pembelajaran SKI di MI dan SD
c.       Langkah menyiapkan media pembelajaran
d.      Macam-macam media dalam pembelajaran SKI di SD/MI




Mind Mapping
8
Perencanaan Pembelajaran SKI di MI/SD

a.       Analisis Silabus mata pelajaran SKI di MI/SD
b.      Pembuatan RPP
c.       Pembuatan Prota dam Promes


7



8
UTS
9
Pelaksanaan Pembelajaran

Materi SKI kelas 4 MI semester gasal

Laporan,
Presentasi

Monita, Renaldi, Luluk, Lisa, Wahyu
10
Pelaksanaan Pembelajaran

Materi SKI kelas 5 MI semester genap

Laporan,
Presentasi

Ainun, Widya, Aning, Rina
11
Pelaksanaan Pembelajaran

Materi SKI kelas 6 MI semester gasal

Laporan,
Presentasi

Mayang, Ani, Erma, Khusnul, jelita
12
Mini Riset “Strategi Pembelajaran SKI di SD/MI”

a.       Melakukan mini riset mengenai strategi pembelajaran SKI di SD/MI
b.      Melaporkan dan mempresentasikan hasil riset kepada dosen dan juga rekan yang lain guna membagi ilmu mengenai strategi yang diterapkan di sekolah yang bersangkutan.

Laporan,
Presentasi

Irma, Niha, Susi, Silvi, Dian
13
Mini Riset “Strategi Pembelajaran SKI di SD/MI”

a.       Melakukan mini riset mengenai strategi pembelajaran SKI di SD/MI
b.      Melaporkan dan mempresentasikan hasil riset kepada dosen dan juga rekan yang lain guna membagi ilmu mengenai strategi yang diterapkan di sekolah yang bersangkutan.
c.        
- Laporan,
Presentasi

Fitriyatus, Ade Irma, Ida, Sucia
14
Mini Riset “Strategi Pembelajaran SKI di SD/MI”

c.       Melakukan mini riset mengenai strategi pembelajaran SKI di SD/MI
d.      Melaporkan dan mempresentasikan hasil riset kepada dosen dan juga rekan yang lain guna membagi ilmu mengenai strategi yang diterapkan di sekolah yang bersangkutan.

Laporan,
Presentasi

Azimah, Frida, Mala, Sallya, Irin
15
Mini Riset “Strategi Pembelajaran SKI di SD/MI”

a.       Melakukan mini riset mengenai strategi pembelajaran SKI di SD/MI
b.      Melaporkan dan mempresentasikan hasil riset kepada dosen dan juga rekan yang lain guna membagi ilmu mengenai strategi yang diterapkan di sekolah yang bersangkutan.

Laporan,
Presentasi

Lailatul, Nafi, Diah, Nina
16
UAS




 RPKPS PGMI A / download
 RPKPS PGMI B/ download


No comments:

Post a Comment