Sunday 17 September 2017

RPKPS STUDI ISLAM TEKNIK MESIN UNIV. MUHAMMADIYAH PONOROGO

RPKPS STUDI ISLAM TEKNIK MESIN UNIV. MUHAMMADIYAH PONOROGO



                                                                                                                                                                                                                                                                               
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
JURUSAN TEKNIK MESIN

FAKULTAS TEKNIK
MATA KULIAH
KODE
RUMPUN MK
BOBOT (sks)
SEMESTER
TANGGAL PENYUSUNAN
Agama Islam
MWU22101
MWU
2
I
6 September 2017
Koordinator Kelompok Dosen Bidang Keahlian (KBK)
Nurul Abidin, M.Ed.
Dosen Pengampu MK
Lutfiana Dwi Mayasari S.HI.,M.SI
Program Studi

Capaian Pembelajaran (CP)
-        Mahasiswa Mampu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esadan mampu menunjukkansikap religius
-        Mahasiswa menjunjung tinggi nilai kemanusiaandalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Materi dalam deskripsi ini merupakan standar pembelajaran minimal AIK yang ditetapkan oleh Majlis Dikti PP Muhammadiyahwajib dijadikan acuan. Dosen menjabarkan dalam bentuk rancangan program pembelajaran sesuai dengan karakteristikj jurusan danprogram studinya.
Materi / Pokok Bahasan
-       Mahasiswa dapat menyepakati dan melaksanakan hal-hal positif yang menunjang perkuliahan dan hal-hal negatif yang mesti ditinggalkan agar tidak menghambat perkuliahan.
-       Mahasiswa dapat mendeskripsikan hubungan antara agama dan manusia, membedakan agama dengan din, memberikan contoh aspek-aspek ajaran Islam, menjelaskan peran dan posisi agama Islam dan memberikan bukti mengapa manusia membutuhkan agama.
-       Mahasiswa dapat mendefinisikan aqidah, membuat peta konsep ruang lingkup pembahasan aqidah mserta sumber aqidah, lalu dapat membuktikan (memberikan contoh) perbuatan yang terkait dengan aqidah dan mengklasifikasikan perbuatan manusia yang terkait dengan aqidah seperti mukmin, kafir, munafik dan musyrik.
-       Mahasiswa dapat memahami proses munculnya keimanan, wujud Allah, pengertian tauhidullah, dan dampak dari syahadat.
-       Mahasiswa memahami syirik, tingkatan, dan dosa-dosa syirik serta faktor-faktor yang membatalkan, merusak, dan mendangkalkan keimanan kepada Allah yang wajib dijauhi
-       Mahasiswa dapat memilah dan memberikan contoh berbagai bentuk kemusyrikan dalam dunia modern
-       Mahasiswa dapat membuat sistematika ilmu pengetahuan yang terkait dengan akidah Islam
-       Mahasiswa menjelaskan mengenai nama, tugas, karakter Malaikat, cara mengimani Malaikat, dan hikmah beriman kepada Malaikat
-       Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai hal mengenai jin, iblis dan syaitan, serta dapat memberikan contoh bentuk-bentuk perbuatan yang termasuk dari bagian hizbut syaithan.
-       Mahasiswa mengungkapkan pengertian, fungsi dan isi Kitab-Kitab Allah SWT, serta cara-cara mengimani Kitab-Kitab Allah SWT. secara  benar.  
-       Mahasiswa mengungkapkan, tugas, serta mu'jizat para Nabi , dan memahami cara  mewujudkan iman kepada Nabi dalam kehidupan.
-       Mahasiswa mencontoh Nabi Muhammad saw. Rasul terakhir, bukti kebenaran Nubuwah, dan mu'jizat-mu'jizat selain Al-Quran.
-       Mahasiswa mendeskripsikan hari akhir, nama-nama lain dari hari akhir dan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari akhir, dan tanda-tanda kiamat sudah dekat secara benar
-       Mahasiswa menjelaskan, surga, neraka,  karakternya, syafa'at dan yang berhak memberi dan menerima syafa'at. Serta cara mengejawantahkan iman kepada hari akhir.
-       Mahasiswa memberikan contoh-contoh iman kepada qada' dan qadar dan tingkatannya pengejawantahannya

Pustaka
Utama :
-       Ditjen Belmawa. 2016. Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: Belmawa)
-       Syeh Muhammad Abduh, Risalah Tauhid, Jakarta, Bulan Bintang, 1975.
-       M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur;an, Bandung Mizan, 1997
-       Muhammad bin Abdul Wahab, Kebenaran Tauhid Wahabi, Al-Ikhlas, Surabaya, tt
-       Yunahar Ilyas, Kuliah Aqidah, LPP UMY, Yogyakarta, 1992.
-       Mahmud Saltut, Aqidah Wassyari'ah, Gema Insani Perss, Jakarta, 1980.
-       Ilyas, Yunahar. Kuliah Aqidah,  Yogyakarta: LPPI UMY, 1992.
-       Ibnu Hisyam, Tahdzib Sirah Nabawiyah, Darul Haq, Jakarta, 2003.
-       Ilyas, Yunahar. Kuliah Aqidah,  Yogyakarta: LPPI UMY, 1992.
-       Muhammad bin Abdul Wahab, Kebenaran Tauhid Wahabi, Al-Ikhlas, Surabaya, tt
-       Sayid Sabiq, Aqidah Islam, Deponegoro, Bandung, 1993.
-       Ibnu Taimiyah, Aqidah Ahlu Sunnah Wal-Jama’ah, Pustaka Abdul Mu’is, Bangil, 1988.
-       Yusuf Qardawi, Al-Qur'an berbicara tentang akal, dan iptek, Gema Insani Perss, Jakarta 1999.

Pendukung :
-       Barmawe Munthe, Kunci Praktis Disain Pembelajaran (Yogyakarta: CTSD, 2009)
-       Imadudin Isma'il bin Umar bin Katsir, Lubaabt Tafsir Min Ibnu Katsiir, Pustaka Imam Syafi'I, Bogor, 2006
-       Morice Bucaile, Al-Qur’an, Bible dan Injil.
-       Mourice Bucaile, Fir’aun dalam al-Qur’an, Bible dan Injil, Bandung: Mizan, 2008
-       Ahmad al-Usairy, Sejarah Islam Sejak Zaman Nabi Adam Hingga Abad XX, Akbar, Jakarta, 2003
-       Hawwa Sa'id, Al-Islam, Al-I'toshom Cahaya Umat, Jakarta Timur, 2001.
-       Baaz Abdullah Aqidah Shahihah Versus Batilah, Hukum Syihir, dan Pedukunan, Riyadh, Komplek Industri Lama, 2002.
-       T.Jacob, Basit Wahid, Syahirul Alim, Evolusi Manusia dan Konsepsi Islam, Risalah, Bandung, 1984.
-       Fauzan, Shaleh bin Fauzan al-. Kitab Tauhid, Jakarta: sAkafa Press, 1998.

Media pembelajaran
Software:
Hardware:
-           
 LCD & Proyektor
Mata kuliah Syarat
-
Minggu ke
Sub CPMK tiap Pertemuan
Materi Pembelajaran
Metode/Strategi Pembelajaran
Alokasi Waktu
Indikator
Kriteria & Bentuk Penilaian
Bobot Penilaian (%)
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Mahasiswa mengungkapkan hal-hal positif dan negatif di dalam forum lalu kemudian membuat kesepakan bersama yang harus dilaksanakan.
1.    Kontrak Belajar
2.    Orientasi Belajar
Brainstorming
TM :  1 x (2 x 50”)
1.1  Mahasiswa mampu mengungkapkan hal-hal positif di dalam forum lalu kemudian membuat kesepakan bersama yang harus dilaksanakan.
1.2  Mahasiswa mampu mengungkapkan hal-hal negatif di dalam forum lalu kemudian membuat kesepakan bersama yang harus dilaksanakan.
Pengamatan
           5
2
Mahasiswa mendeskripsikan hubungan antara agama dan manusia, membedakan antara din dan agama, memberikan contoh aspek-aspek ajaran Islam, menjelaskan peran dan posisi agama Islam di antara agama-agama lain, dan memberikan bukti mengapa manusia membutuhkan agama.
1.    Agama dan Manusia
2.    Pengertian Agama dan ad-Din serta macam-macamnya.
3.    Karakteristik dinul Islam
4.    Aspek ajaran Islam
5.    Peran dan Posisi Agama Islam di antara agama-agama yang ada
6.    Kebutuhan manusia akan agama
Presentasi dan Makalah


TM :  1 x (2 x 50”)
2.1  Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan antara agama dan manusia, membedakan antara din dan agama, memberikan contoh aspek-aspek ajaran Islam,
2.2  Mahasiswa mampu menjelaskan peran dan posisi agama Islam di antara agama-agama lain, dan memberikan bukti mengapa manusia membutuhkan agama.
2.3  Mahasiswa mampu mengungkapkan posisi agama dalam kehidupan manusia.
Pertanyaan akhir belajar
5
3
Mahasiswa aktif dan pro-aktif mendefinisikan, membuat peta konsep kajian aqidah, memberikan contoh perbuatan yang terkait dengan aqidah dan mengklasifikasikan perbuatan manusia yang terkait dengan aqidah.
1.    Pengertian aqidah Islam
2.    Ruang lingkup pembahasan aqidah
3.    Sumber aqidah Islam
4.    Hubungan aqidah dengan amal
5.    Klasifikasi manusia yang terkait dengan aqidah: mukmin, kafir dan munafik dan musyrik.
Presentasi dan Makalah

Agus Priyanto, Leo
TM :  1 x (2 x 50”)
3.1  Mahasiswa aktif dan pro-aktif mendefinisikan, membuat peta konsep kajian aqidah, memberikan contoh perbuatan yang terkait dengan aqidah
3.2  Mahasiswa mampu  mengklasifikasikan perbuatan manusia yang terkait dengan aqidah.


Pengamatan
2
4
Mahasiswa menjelaskan secara benar tahapan dan proses iman, mendeskripsikan wujudullah, memberikan contoh bentu-bentuk ketauhidan, dan mengungkapkan hikmah dari kalimat tauhid.
1.    Pengertian iman kepada Allah (proses munculnya iman=sad, dzan, dan ilmu)
2.    Wujudullah (wujud Allah)
3.    Tauhidullah, (tauhid rububiyah, mulkiyah, ilahiyah (asma’ wa sifat)
4.    Hakikat dan dampak laillaha illallah

Presentasi dan Makalah

Afri, Adila
TM :  1 x (2 x 50”)
4.1  Mahasiswa mampu menjelaskan secara benar tahapan dan proses iman, mendeskripsikan wujudullah,
4.2  Mahasiswa mampu memberikan contoh bentu-bentuk ketauhidan, dan mengungkapkan hikmah dari kalimat tauhid.
Pertanyaan interaktif
2
5
Mahasiswa menjelaskan secara teoritis dan objektif faktor-faktor yang membatalkan, merusak, dan mendangkalkan keimanan kepada Allah, dan mampu menjelaskan pengertian syirik, tingkatan syirik dan macam-macamnya, hukum ,dan dosa serta dampaknya dalam kehidupan dunia dan akhirat, dan berusaha secara konkret untuk menjauhi serta memberantasnya.
1.    Pengertian syirik,
2.    Tingkatan syirik, dan macam-macamnya
3.    Bahaya syirik



Presentasi dan Makalah

Septien, Fery
TM :  1 x (2 x 50”)
5.1  Mahasiswa mampu menjelaskan secara teoritis dan objektif faktor-faktor yang membatalkan, merusak, dan mendangkalkan keimanan kepada Allah,
5.2  Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian syirik, tingkatan syirik dan macam-macamnya, hukum ,dan dosa serta dampaknya dalam kehidupan dunia dan akhirat, dan berusaha secara konkret untuk menjauhi serta memberantasnya.
5.3  Mahasiswa mampu menjauhkan diri dari perbuatan syirik.
Penugasan
7
6
Mahasiswa menjelaskan secara argumentatif berbagai bentuk kemusyrikan yang meliputi berbagai aspek kehidupan dalam dunia modern seperti seni budaya, politik, dan ekonomi 
1.    Syirik kontemporer
2.    Syirik dalam bidang seni dan budaya
3.    Syirik dalam bidang politik dan pemerintahan.
4.    Syirik dalam bidang ekonomi
5.    Syirik dalam bidang ilmu pengetahuan
Presentasi dan Makalah

Febbiyan, Rio
TM :  1 x (2 x 50”)
6.1  Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentatif berbagai bentuk kemusyrikan yang meliputi berbagai aspek kehidupan dalam dunia modern seperti seni budaya, politik, dan ekonomi
6.2  Mahasiswa mampu menjauhkan diri dari kemusyrikan dalam bidang ekonomi, seni budaya dan politik.
Penugasan
7
7
Mahasiswa membuat peta konsep ilmu pengetahuan, kemudian menerangkan peta konsep tersebut agar berbunyi (argumentative)
1.      Korelasi Islam dan Ilmu Pengetahuan
2.      Keuatamaan orang berilmu dalam Islam
3.      Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dalam Islam
4.      Perbedaan ilmu yang berkembang di Barat dan Islam
Presentasi dan Makalah


William, Istu
TM :  1 x (2 x 50”)
7.1  Mahasiswa mampu membuat peta konsep ilmu pengetahuan,
7.2  Mahasiswa mampu menerangkan peta konsep tersebut agar berbunyi (argumentative)


Quiz
5

Ujian Tengah Semester
8
Mahasiswa menjelaskan secara benar dan argumentatif tentang nama-nama, dan tugas Malaikat, karakter, dan hikmah beriman kepada Malaikat serta hubungan spiritual secara normatif, dan negatif dalam berhubungan dengan Malaikat.
1.    Pengertian makhluk ghaib
2.    Pengertian, keistimewaan, dan tugas Malaikat.
3.      Karakteristik Malaikat
4.      Pengejawantahan iman kepada Malaikat, hubungan spiritual yang normatif, dan negatif dengan Malaikat.
Analisis film

Aziz, Hendrik
TM :  1 x (2 x 50”)
8.1Mahasiswa mampu menjelaskan secara benar dan argumentatif tentang nama-nama, dan tugas Malaikat, karakter, dan hikmah beriman kepada Malaikat
8.2Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan spiritual secara normatif, dan negatif dalam berhubungan dengan Malaikat.
Survey question
3
9
Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentatif tentang pengertian, fungsi dan isi Kitab-Kitab Allah serta menjelaskan cara-cara mengimani Kitab-Kitab Allah SWT. secara benar dan efektif.
1.    Pengertian, fungsi, dan isi Kitab –Kitab Allah dalam lintasan sejarah.
2.    Fungsi Al-Qur'an secara khusus pada Kitab-Kitab Allah yang diturunkan Allah sebelumnya
3.    Cara, dan sikap mengimani Al-Qur'an secara teoritis, dan praksis.
Presentasi dan Makalah

Sopyan
TM :  1 x (2 x 50”)
8.3Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentatif tentang pengertian, fungsi dan isi Kitab-Kitab Allah
8.4Mahasiswa mampu menjelaskan cara-cara mengimani Kitab-Kitab Allah SWT. secara benar dan efektif.
8.5Mahasiswa mampu
Pertanyaan akhir
10
10
Mahasiswa mampu menjelaskan secara benar, dan argumentatif, pengertian Nabi, dan Rasul, sifat-sifat serta, tugas, mu'jizat para Rasul Allah, dan cara mewujudkan iman kepada para Nabi dalam kehidupan.
1.    Pengertian Nabi dan Rasul.
2.    Sifat-sifat dan tugas para Rasul.
3.    Mu'jizat  para Nabi, dan Rasul
4.    Pengertian 'Ulul Azmi, dan Rasul-Rasul yang 'Ulul 'Azmi
5.    Cara mengimani para Nabi secara teoritis, dan praksis
Presentasi dan Makalah

Bagas Deva
TM :  1 x (2 x 50”)
9.1Mahasiswa mampu menjelaskan secara benar, dan argumentatif, pengertian Nabi, dan Rasul, sifat-sifat serta, tugas, mu'jizat para Rasul Allah,
9.2Mahasiswa mampu menyebutkan cara mewujudkan iman kepada para Nabi dalam kehidupan.
Penugasan
12
11
Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentatif  profil, kebenaran Nubuwah, dan mu'jizat Nabi Muhammad selain Al-Qur'an, dam menjelaskan cara mengejawantahkan iman kepada Nabi Muhammad saw.
1.    Profil Nabi Muhammad saw.
2.    Bukti-bukti kebenaran Nubuah, dan Kerasulan Nabi Muhammad.
3.    Macam-macam mu'jizat Nabi Muhammad selain AL-Qur'an
4.    Contoh-contoh pengejawantahan iman kepada Nabi Muhammad.
 Presentasi dan Makalah

Syuhadat
TM :  1 x (2 x 50”)
10.1      Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentatif  profil, kebenaran Nubuwah, dan mu'jizat Nabi Muhammad selain Al-Qur'an,
10.2      Mahasiswa mampu menjelaskan cara mengejawantahkan iman kepada Nabi Muhammad saw.
Penugasan
12
12
Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentative pengertian hari akhir, nama-nama lain dari hari akhir, dan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari akhir, serta tanda-tanda kiamat sudah dekat
1.    Pengertian, dan proses hari akhir
2.    Pengertian Yaumul Ba’ats, Hisab, Din, Fath, Talaq, Jam’i, Taghabun, Hasrah, As-Shakhah, Al-Ghasyiyah, Yaumul Fashl, dll.
3.    Tanda-tanda Kiamat sudah dekat.
Analisis Film

Anwar
TM : 1 x (2 x 50”)
11.1      Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentatif pengertian hari akhir, nama-nama lain dari hari akhir,
11.2      Mahasiswa mampu menjelaskan secara embertative peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari akhir, serta tanda-tanda kiamat sudah dekat
Tugas kelompok
10
13
Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentative hakikat hari akhir, Karakter Surga Neraka, syafa’ay, yang berhak member dan menerima syafa’at, serta cara mengejawantahkan iman kepada hari akhir.
1.    Beberapa hakikat hari akhir bagi manusia.
2.    Pengertian embe dan neraka serta sebahagian besar isinya
3.    Pengertian syafa’at,  yang berhak member dan menerima syafa’at
4.    Cara-cara dan bentuk pengejawantahan iman kepada hari akhir
Presentasi dan Makalah

Azka, Iqbal
TM :  1 x (2 x 50”)
12.1      Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentatif hakikat hari akhir, Karakter Surga Neraka, syafa'ay, yang berhak memberi dan menerima syafa'at,
12.2      Mahasiswa mampu menyebutkan cara mengejawantahkan iman kepada hari akhir.
Pertanyaan
10
14
Mahasiswa menjelaskan secara argumentative pengertian qadha’ dan qadar, tingkatannya serta cara pengejawantahan iman kepada qadha’ dan qadar Allah SWT
1.    Pengertian qadha’ dan qadar Allah dalam perspektif Qur’an dan Hadits.
2.     Tingkatan-tingkatan takdir
3.    Hubungan manusia dengan takdir
4.    Pengejawantahan iman kepada qodha’ dan qadar Allah SWT.
Presentasi dan Makalah

Bagas, Fathurrahman
TM :  1 x (2 x 50”)
13.1      Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentatif pengertian qadha' dan qadar, tingkatannya
13.2      Mahasiswa mampu menjelaskan cara pengejawantahan iman kepada qadha' dan qadar Allah SWT
Pertanyaan bergilir
10
Ujian Akhir Semester

CATATAN :
 - ( TM: 2 x (2 x50”) dibaca : kuliah tatap muka 2 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 200 menit (3,33 jam)              
TM = Tatap Muka (Kuliah) (50”)   
BM = Belajar Mandiri (60”)                                                                      PS = Praktikum Simulasi (170”)
PT = Penugasan Terstruktur (60”)                                                                    PL = Praktikum Laboratorium (170”)


Mengetahui,
Dekan




Nama
NIK.

Ketua Prodi




Nama
NIK.
Ponorogo, 7 September 2017
Dosen Pengampu Mata Kuliah




Lutfiana Dwi Mayasari S.HI.,M.SI
NIK.1990052120170314











Outline Pembuatan Makalah
downloadhuluan
a.  Latar Belakang
b.  Rumusan Masalah
c.   Tujuan Penulisan
Bab II: Pembahasan
a.  Sub Tema 1
b.  Sub Tema 2
c.   Sub Tema 3
Bab III: penutup
a.  Kesimpulan
b.  Saran

RPKPS Studi Islam T. Mesin C/ download
RPKPS Studi Islam T. Mesin B/ download 

No comments:

Post a Comment