RENCANA PEMBELAJARAN
SEMESTER
|
|||||||||||
JURUSAN TEKNIK MESIN
|
|||||||||||
FAKULTAS
TEKNIK
|
|||||||||||
MATA KULIAH
|
KODE
|
RUMPUN MK
|
BOBOT (sks)
|
SEMESTER
|
TANGGAL PENYUSUNAN
|
||||||
Agama Islam
|
MWU22101
|
MWU
|
2
|
I
|
6 September 2017
|
||||||
Koordinator Kelompok
Dosen Bidang Keahlian (KBK)
|
|||||||||||
Nurul Abidin, M.Ed.
|
|||||||||||
Dosen
Pengampu MK
|
|||||||||||
Lutfiana Dwi Mayasari S.HI.,M.SI
|
|||||||||||
Program Studi
|
|||||||||||
Capaian Pembelajaran (CP)
|
-
Mahasiswa Mampu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esadan mampu menunjukkansikap religius
-
Mahasiswa menjunjung tinggi nilai
kemanusiaandalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika
|
||||||||||
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Materi dalam deskripsi
ini merupakan standar pembelajaran minimal AIK yang ditetapkan oleh Majlis
Dikti PP Muhammadiyahwajib dijadikan acuan. Dosen menjabarkan dalam bentuk
rancangan program pembelajaran sesuai dengan karakteristikj jurusan
danprogram studinya.
|
||||||||||
Materi / Pokok Bahasan
|
-
Mahasiswa dapat menyepakati dan melaksanakan
hal-hal positif yang menunjang perkuliahan dan hal-hal negatif yang mesti
ditinggalkan agar tidak menghambat perkuliahan.
-
Mahasiswa dapat mendeskripsikan hubungan antara agama
dan manusia, membedakan agama dengan din, memberikan contoh aspek-aspek
ajaran Islam, menjelaskan peran dan posisi agama Islam dan memberikan bukti
mengapa manusia membutuhkan agama.
-
Mahasiswa dapat mendefinisikan aqidah, membuat peta
konsep ruang lingkup pembahasan aqidah mserta sumber aqidah, lalu dapat
membuktikan (memberikan contoh) perbuatan yang terkait dengan aqidah dan
mengklasifikasikan perbuatan manusia yang terkait dengan aqidah seperti
mukmin, kafir, munafik dan musyrik.
-
Mahasiswa dapat memahami proses munculnya keimanan,
wujud Allah, pengertian tauhidullah, dan dampak dari syahadat.
-
Mahasiswa memahami syirik, tingkatan, dan dosa-dosa
syirik serta faktor-faktor yang membatalkan, merusak, dan mendangkalkan
keimanan kepada Allah yang wajib dijauhi
-
Mahasiswa dapat memilah dan memberikan contoh berbagai
bentuk kemusyrikan dalam dunia modern
-
Mahasiswa dapat membuat sistematika ilmu pengetahuan
yang terkait dengan akidah Islam
-
Mahasiswa menjelaskan mengenai nama, tugas, karakter
Malaikat, cara mengimani Malaikat, dan hikmah beriman kepada Malaikat
-
Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai hal mengenai jin,
iblis dan syaitan, serta dapat memberikan contoh bentuk-bentuk perbuatan yang
termasuk dari bagian hizbut syaithan.
-
Mahasiswa mengungkapkan pengertian, fungsi dan isi
Kitab-Kitab Allah SWT, serta cara-cara mengimani Kitab-Kitab Allah SWT.
secara benar.
-
Mahasiswa mengungkapkan, tugas,
serta mu'jizat para Nabi , dan memahami cara
mewujudkan iman kepada Nabi dalam kehidupan.
-
Mahasiswa mencontoh Nabi Muhammad saw. Rasul terakhir,
bukti kebenaran Nubuwah, dan mu'jizat-mu'jizat selain Al-Quran.
-
Mahasiswa mendeskripsikan hari akhir, nama-nama lain
dari hari akhir dan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari akhir, dan
tanda-tanda kiamat sudah dekat secara benar
-
Mahasiswa menjelaskan, surga, neraka, karakternya, syafa'at dan yang berhak
memberi dan menerima syafa'at. Serta cara mengejawantahkan iman kepada hari
akhir.
-
Mahasiswa memberikan contoh-contoh iman kepada qada'
dan qadar dan tingkatannya pengejawantahannya
|
||||||||||
Pustaka
|
Utama :
-
Ditjen Belmawa. 2016. Pendidikan Agama Islam. (Jakarta:
Belmawa)
-
Syeh Muhammad Abduh, Risalah Tauhid, Jakarta, Bulan Bintang, 1975.
-
M. Quraish Shihab,
Wawasan Al-Qur;an, Bandung Mizan, 1997
-
Muhammad bin Abdul
Wahab, Kebenaran Tauhid Wahabi, Al-Ikhlas, Surabaya, tt
-
Yunahar Ilyas,
Kuliah Aqidah, LPP UMY, Yogyakarta, 1992.
-
Mahmud Saltut,
Aqidah Wassyari'ah, Gema Insani Perss, Jakarta, 1980.
-
Ilyas, Yunahar.
Kuliah Aqidah, Yogyakarta: LPPI UMY,
1992.
-
Ibnu Hisyam,
Tahdzib Sirah Nabawiyah, Darul Haq, Jakarta, 2003.
-
Ilyas, Yunahar.
Kuliah Aqidah, Yogyakarta: LPPI UMY,
1992.
-
Muhammad bin Abdul
Wahab, Kebenaran Tauhid Wahabi, Al-Ikhlas, Surabaya, tt
-
Sayid Sabiq,
Aqidah Islam, Deponegoro, Bandung, 1993.
-
Ibnu Taimiyah,
Aqidah Ahlu Sunnah Wal-Jama’ah, Pustaka Abdul Mu’is, Bangil, 1988.
-
Yusuf Qardawi,
Al-Qur'an berbicara tentang akal, dan iptek, Gema Insani Perss, Jakarta 1999.
|
||||||||||
Pendukung :
-
Barmawe Munthe, Kunci Praktis Disain Pembelajaran
(Yogyakarta: CTSD, 2009)
-
Imadudin Isma'il
bin Umar bin Katsir, Lubaabt Tafsir Min Ibnu Katsiir, Pustaka Imam Syafi'I,
Bogor, 2006
-
Morice Bucaile,
Al-Qur’an, Bible dan Injil.
-
Mourice Bucaile,
Fir’aun dalam al-Qur’an, Bible dan Injil, Bandung: Mizan, 2008
-
Ahmad al-Usairy,
Sejarah Islam Sejak Zaman Nabi Adam Hingga Abad XX, Akbar, Jakarta, 2003
-
Hawwa Sa'id,
Al-Islam, Al-I'toshom Cahaya Umat, Jakarta Timur, 2001.
-
Baaz Abdullah
Aqidah Shahihah Versus Batilah, Hukum Syihir, dan Pedukunan, Riyadh, Komplek
Industri Lama, 2002.
-
T.Jacob, Basit
Wahid, Syahirul Alim, Evolusi Manusia dan Konsepsi Islam, Risalah, Bandung,
1984.
-
Fauzan, Shaleh bin
Fauzan al-. Kitab Tauhid, Jakarta: sAkafa Press, 1998.
|
|||||||||||
Media pembelajaran
|
Software:
|
Hardware:
|
|||||||||
-
|
LCD & Proyektor
|
||||||||||
Mata kuliah Syarat
|
-
|
||||||||||
Minggu ke
|
Sub CPMK tiap
Pertemuan
|
Materi Pembelajaran
|
Metode/Strategi
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Indikator
|
Kriteria & Bentuk Penilaian
|
Bobot Penilaian (%)
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
1
|
Mahasiswa
mengungkapkan hal-hal positif dan negatif di dalam forum lalu kemudian
membuat kesepakan bersama yang harus dilaksanakan.
|
1.
Kontrak Belajar
2.
Orientasi Belajar
|
Brainstorming
|
TM :
1 x (2 x 50”)
|
1.1
Mahasiswa mampu mengungkapkan hal-hal positif di
dalam forum lalu kemudian membuat kesepakan bersama yang harus dilaksanakan.
1.2
Mahasiswa mampu mengungkapkan hal-hal negatif di
dalam forum lalu kemudian membuat kesepakan bersama yang harus dilaksanakan.
|
Pengamatan
|
5
|
||||
2
|
Mahasiswa
mendeskripsikan hubungan antara agama dan manusia, membedakan antara din
dan agama, memberikan contoh aspek-aspek ajaran Islam, menjelaskan peran dan
posisi agama Islam di antara agama-agama lain, dan memberikan bukti mengapa
manusia membutuhkan agama.
|
1.
Agama dan Manusia
2.
Pengertian Agama dan ad-Din serta macam-macamnya.
3.
Karakteristik dinul Islam
4.
Aspek ajaran Islam
5.
Peran dan Posisi Agama Islam di antara agama-agama
yang ada
6.
Kebutuhan manusia akan agama
|
Presentasi
dan Makalah
|
TM :
1 x (2 x 50”)
|
2.1
Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan antara
agama dan manusia, membedakan antara din dan agama, memberikan contoh
aspek-aspek ajaran Islam,
2.2
Mahasiswa mampu menjelaskan peran dan posisi agama
Islam di antara agama-agama lain, dan memberikan bukti mengapa manusia
membutuhkan agama.
2.3
Mahasiswa mampu mengungkapkan posisi agama dalam
kehidupan manusia.
|
Pertanyaan akhir belajar
|
5
|
||||
3
|
Mahasiswa aktif
dan pro-aktif mendefinisikan, membuat peta konsep kajian aqidah, memberikan
contoh perbuatan yang terkait dengan aqidah dan mengklasifikasikan perbuatan
manusia yang terkait dengan aqidah.
|
1.
Pengertian aqidah Islam
2.
Ruang lingkup pembahasan aqidah
3.
Sumber aqidah Islam
4.
Hubungan aqidah dengan amal
5.
Klasifikasi manusia yang terkait dengan aqidah:
mukmin, kafir dan munafik dan musyrik.
|
Presentasi
dan Makalah
Agus
Priyanto, Leo
|
TM :
1 x (2 x 50”)
|
3.1 Mahasiswa aktif dan pro-aktif
mendefinisikan, membuat peta konsep kajian aqidah, memberikan contoh
perbuatan yang terkait dengan aqidah
3.2 Mahasiswa mampu mengklasifikasikan perbuatan manusia yang
terkait dengan aqidah.
|
Pengamatan
|
2
|
||||
4
|
Mahasiswa
menjelaskan secara benar tahapan dan proses iman, mendeskripsikan wujudullah,
memberikan contoh bentu-bentuk ketauhidan, dan mengungkapkan hikmah dari kalimat
tauhid.
|
1.
Pengertian iman kepada Allah (proses munculnya
iman=sad, dzan, dan ilmu)
2.
Wujudullah (wujud Allah)
3.
Tauhidullah, (tauhid rububiyah, mulkiyah, ilahiyah
(asma’ wa sifat)
4.
Hakikat dan dampak laillaha illallah
|
Presentasi
dan Makalah
Afri,
Adila
|
TM :
1 x (2 x 50”)
|
4.1
Mahasiswa mampu menjelaskan secara benar tahapan
dan proses iman, mendeskripsikan wujudullah,
4.2
Mahasiswa mampu memberikan contoh bentu-bentuk
ketauhidan, dan mengungkapkan hikmah dari kalimat tauhid.
|
Pertanyaan interaktif
|
2
|
||||
5
|
Mahasiswa
menjelaskan secara teoritis dan objektif faktor-faktor yang membatalkan,
merusak, dan mendangkalkan keimanan kepada Allah, dan mampu menjelaskan
pengertian syirik, tingkatan syirik dan macam-macamnya, hukum ,dan dosa serta
dampaknya dalam kehidupan dunia dan akhirat, dan berusaha secara konkret
untuk menjauhi serta memberantasnya.
|
1.
Pengertian syirik,
2.
Tingkatan syirik, dan macam-macamnya
3.
Bahaya syirik
|
Presentasi
dan Makalah
Septien,
Fery
|
TM :
1 x (2 x 50”)
|
5.1
Mahasiswa mampu menjelaskan secara teoritis dan
objektif faktor-faktor yang membatalkan, merusak, dan mendangkalkan keimanan
kepada Allah,
5.2
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian syirik,
tingkatan syirik dan macam-macamnya, hukum ,dan dosa serta dampaknya dalam
kehidupan dunia dan akhirat, dan berusaha secara konkret untuk menjauhi serta
memberantasnya.
5.3
Mahasiswa mampu menjauhkan diri dari perbuatan
syirik.
|
Penugasan
|
7
|
||||
6
|
Mahasiswa
menjelaskan secara argumentatif berbagai bentuk kemusyrikan yang meliputi
berbagai aspek kehidupan dalam dunia modern seperti seni budaya, politik, dan
ekonomi
|
1.
Syirik kontemporer
2.
Syirik dalam bidang seni dan budaya
3.
Syirik dalam bidang politik dan pemerintahan.
4.
Syirik dalam bidang ekonomi
5.
Syirik dalam bidang ilmu pengetahuan
|
Presentasi
dan Makalah
Febbiyan,
Rio
|
TM :
1 x (2 x 50”)
|
6.1
Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentatif
berbagai bentuk kemusyrikan yang meliputi berbagai aspek kehidupan dalam
dunia modern seperti seni budaya, politik, dan ekonomi
6.2
Mahasiswa mampu menjauhkan diri dari kemusyrikan
dalam bidang ekonomi, seni budaya dan politik.
|
Penugasan
|
7
|
||||
7
|
Mahasiswa
membuat peta konsep ilmu pengetahuan, kemudian menerangkan peta konsep tersebut
agar berbunyi (argumentative)
|
1.
Korelasi Islam dan Ilmu Pengetahuan
2.
Keuatamaan orang berilmu dalam Islam
3.
Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan
dalam Islam
4.
Perbedaan ilmu yang berkembang di Barat
dan Islam
|
Presentasi
dan Makalah
William,
Istu
|
TM :
1 x (2 x 50”)
|
7.1
Mahasiswa mampu membuat peta konsep ilmu
pengetahuan,
7.2
Mahasiswa mampu menerangkan peta konsep tersebut
agar berbunyi (argumentative)
|
Quiz
|
5
|
||||
Ujian Tengah Semester
|
|||||||||||
8
|
Mahasiswa
menjelaskan secara benar dan argumentatif tentang nama-nama, dan tugas
Malaikat, karakter, dan hikmah beriman kepada Malaikat serta hubungan
spiritual secara normatif, dan negatif dalam berhubungan dengan Malaikat.
|
1.
Pengertian makhluk ghaib
2.
Pengertian, keistimewaan, dan tugas Malaikat.
3.
Karakteristik Malaikat
4. Pengejawantahan
iman kepada Malaikat, hubungan spiritual yang normatif, dan negatif dengan
Malaikat.
|
Analisis film
Aziz, Hendrik
|
TM :
1 x (2 x 50”)
|
8.1Mahasiswa
mampu menjelaskan secara benar dan argumentatif tentang nama-nama, dan tugas
Malaikat, karakter, dan hikmah beriman kepada Malaikat
8.2Mahasiswa
mampu menjelaskan hubungan spiritual secara normatif, dan negatif dalam
berhubungan dengan Malaikat.
|
Survey question
|
3
|
||||
9
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan secara argumentatif tentang pengertian, fungsi dan isi
Kitab-Kitab Allah serta menjelaskan cara-cara mengimani Kitab-Kitab Allah
SWT. secara benar dan efektif.
|
1.
Pengertian, fungsi, dan isi Kitab –Kitab Allah dalam
lintasan sejarah.
2.
Fungsi Al-Qur'an secara khusus pada Kitab-Kitab
Allah yang diturunkan Allah sebelumnya
3.
Cara, dan sikap mengimani Al-Qur'an secara
teoritis, dan praksis.
|
Presentasi
dan Makalah
Sopyan
|
TM :
1 x (2 x 50”)
|
8.3Mahasiswa
mampu menjelaskan secara argumentatif tentang pengertian, fungsi dan isi
Kitab-Kitab Allah
8.4Mahasiswa
mampu menjelaskan cara-cara mengimani Kitab-Kitab Allah SWT. secara benar dan
efektif.
8.5Mahasiswa
mampu
|
Pertanyaan akhir
|
10
|
||||
10
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan secara benar, dan argumentatif, pengertian Nabi, dan Rasul,
sifat-sifat serta, tugas, mu'jizat para Rasul Allah, dan cara mewujudkan iman
kepada para Nabi dalam kehidupan.
|
1.
Pengertian Nabi dan Rasul.
2.
Sifat-sifat dan tugas para Rasul.
3.
Mu'jizat
para Nabi, dan Rasul
4.
Pengertian 'Ulul Azmi, dan Rasul-Rasul yang 'Ulul
'Azmi
5.
Cara mengimani para Nabi secara teoritis, dan
praksis
|
Presentasi
dan Makalah
Bagas
Deva
|
TM :
1 x (2 x 50”)
|
9.1Mahasiswa
mampu menjelaskan secara benar, dan argumentatif, pengertian Nabi, dan Rasul,
sifat-sifat serta, tugas, mu'jizat para Rasul Allah,
9.2Mahasiswa
mampu menyebutkan cara mewujudkan iman kepada para Nabi dalam kehidupan.
|
Penugasan
|
12
|
||||
11
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan secara argumentatif
profil, kebenaran Nubuwah, dan mu'jizat Nabi Muhammad selain
Al-Qur'an, dam menjelaskan cara mengejawantahkan iman kepada Nabi Muhammad
saw.
|
1.
Profil Nabi Muhammad saw.
2.
Bukti-bukti kebenaran Nubuah, dan Kerasulan Nabi
Muhammad.
3.
Macam-macam mu'jizat Nabi Muhammad selain
AL-Qur'an
4.
Contoh-contoh pengejawantahan iman kepada Nabi
Muhammad.
|
Presentasi dan Makalah
Syuhadat
|
TM :
1 x (2 x 50”)
|
10.1
Mahasiswa mampu menjelaskan secara
argumentatif profil, kebenaran
Nubuwah, dan mu'jizat Nabi Muhammad selain Al-Qur'an,
10.2
Mahasiswa mampu menjelaskan cara mengejawantahkan
iman kepada Nabi Muhammad saw.
|
Penugasan
|
12
|
||||
12
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan secara argumentative pengertian hari akhir, nama-nama lain
dari hari akhir, dan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari akhir, serta
tanda-tanda kiamat sudah dekat
|
1.
Pengertian, dan proses hari akhir
2.
Pengertian Yaumul Ba’ats, Hisab, Din, Fath, Talaq,
Jam’i, Taghabun, Hasrah, As-Shakhah, Al-Ghasyiyah, Yaumul Fashl, dll.
3.
Tanda-tanda Kiamat sudah dekat.
|
Analisis
Film
Anwar
|
TM : 1 x (2 x 50”)
|
11.1
Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentatif
pengertian hari akhir, nama-nama lain dari hari akhir,
11.2
Mahasiswa mampu menjelaskan secara embertative
peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari akhir, serta tanda-tanda kiamat
sudah dekat
|
Tugas kelompok
|
10
|
||||
13
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan secara argumentative hakikat hari akhir, Karakter Surga
Neraka, syafa’ay, yang berhak member dan menerima syafa’at, serta cara
mengejawantahkan iman kepada hari akhir.
|
1.
Beberapa hakikat hari akhir bagi manusia.
2.
Pengertian embe dan neraka serta sebahagian besar
isinya
3.
Pengertian syafa’at, yang berhak member dan menerima syafa’at
4.
Cara-cara dan bentuk pengejawantahan iman kepada
hari akhir
|
Presentasi
dan Makalah
Azka,
Iqbal
|
TM :
1 x (2 x 50”)
|
12.1
Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentatif
hakikat hari akhir, Karakter Surga Neraka, syafa'ay, yang berhak memberi dan
menerima syafa'at,
12.2
Mahasiswa mampu menyebutkan cara mengejawantahkan
iman kepada hari akhir.
|
Pertanyaan
|
10
|
||||
14
|
Mahasiswa
menjelaskan secara argumentative pengertian qadha’ dan qadar, tingkatannya
serta cara pengejawantahan iman kepada qadha’ dan qadar Allah SWT
|
1. Pengertian
qadha’ dan qadar Allah dalam perspektif Qur’an dan Hadits.
2. Tingkatan-tingkatan takdir
3. Hubungan
manusia dengan takdir
4. Pengejawantahan
iman kepada qodha’ dan qadar Allah SWT.
|
Presentasi
dan Makalah
Bagas,
Fathurrahman
|
TM :
1 x (2 x 50”)
|
13.1
Mahasiswa mampu menjelaskan secara argumentatif
pengertian qadha' dan qadar, tingkatannya
13.2
Mahasiswa mampu menjelaskan cara pengejawantahan
iman kepada qadha' dan qadar Allah SWT
|
Pertanyaan bergilir
|
10
|
||||
Ujian Akhir Semester
|
|||||||||||
CATATAN :
- ( TM: 2 x (2 x50”) dibaca : kuliah tatap
muka 2 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 200 menit (3,33 jam)
TM =
Tatap Muka (Kuliah) (50”)
BM =
Belajar Mandiri (60”)
PS = Praktikum Simulasi (170”)
PT =
Penugasan Terstruktur (60”) PL
= Praktikum Laboratorium (170”)
Mengetahui,
Dekan
Nama
NIK.
|
Ketua Prodi
Nama
NIK.
|
Ponorogo,
7 September 2017
Dosen
Pengampu Mata Kuliah
Lutfiana Dwi Mayasari S.HI.,M.SI
NIK.1990052120170314
|
Outline Pembuatan Makalah
downloadhuluan
a. Latar Belakang
b. Rumusan Masalah
c. Tujuan Penulisan
Bab II: Pembahasan
a. Sub Tema 1
b. Sub Tema 2
c. Sub Tema 3
Bab III: penutup
a. Kesimpulan
No comments:
Post a Comment